Braille Interpreter

Braille Interpreter

Bagi tuna netra, huruf braile adalah perantara yang dapat membantu mereka untuk membaca dan mengaktualisasi diri. Tapi bagaimana jika tuna netra ini tidak mampu membaca huruf braile? Semisal ia sebelumnya dapat melihat dengan normal dan karena suatu hal ia menjadi buta. Tentunya penderita ini belum sempat belajar membaca huruf braile? Iya kan??

Nah.. Untuk membantu penderita tuna netra dengan kondisi diatas, desainer Hyung Jin Lim merancang sebuah alat untuk “membaca” huruf braile dengan mudah. Cara menggunakannya cukup dengan memasang alat ini pada jari telunjuk penderita. Untuk membaca, tombol power harus dinyalakan terlebih dahulu. Baru setelah itu tinggal dilewatkan diatas hurf braile yang akan dibaca.

Alat ini terdiri dari dua bagian yakni yang dipasang di jaritelunjuk dan satu lagi yang dipasang sebagai earphone.
Saat bagian pembaca telah menscan huruf braile, informasi tersebut diteruskan kepada bagian pemancar yang berapa di lengan. bagian ini menterjemahkan hurf braile yang di scan dan merubahnya menjadi informasi suara.

Suara yang dihasilkan bisa didengar melakui earphone yang terpasang di telinga setelah ditransmisikan melalui bluetooth oleh pemancar di lengan tadi.
Sekalipun alat ini baru sebatas desain, namun memberikan banyak harapah kepada para penderita tuna netra yang tidak bisa membaca huruf braile agar tetap bisa menikmati informasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: