Profil Tim Grup B: Nigeria

Pelatih: Shuaibu Amodu

Konfederasi: CAF

Ranking FIFA (Des 09): 22

Rekor Penampilan: 3 (1994, 1998, 2002)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Nigeria meraih tiket ke putaran final secara dramatis dengan memetik kemenangan 3-2 atas Kenya di Nairobi, sementara Mozambique menjegal Tunisia 1-0. Padahal sebelumnya Tunisia-lah yang berpeluang lolos karena memimpin klasemen.

KEUNGGULAN

Sepakbola menyerang menjadi andalan Nigeria. Mereka juga boleh bersyukur karena memiliki sejumlah penyerang handal kelas dunia seperti Yakubu, Obafemi Martins, Osaze Odemwingie, Victor Obina, Chinedu Obasi dan Ikechukwu Uche.

YANG HARUS DIBENAHI

Setelah Taribo West pensiun, belum ada lagi pemain belakang yang bisa menggantikan perannya sebagai tokoh sentra di jantung pertahanan Nigeria, yang membuat lini belakang tim ini gampang kecolongan. Nigeria juga masih kesulitan bermain sebagai sebuah tim dan lebih mengandalkan permainan individual.

PELATIH

Shuaibu Amodu dipercaya menangani timnas Nigeria untuk ketiga kalinya. Akan tetapi kepercayaan federasi sepakbola Nigeria tidak sepenuhnya bulat untuknya. Federasi masih berusaha mendapatkan pelatih baru yang lebih berkualitas dari luar negeri.

PEMAIN BINTANG


Osaze Odemwingie (Locomotiv Moscow)

Tampil impresif di babak kualifikasi. Pemain ini dikenal cepat dan menjadi andalan di lini depan Nigeria sejak tiga tahun silam.


Obafemi Martins (Wolfsburg)

Dia mengukir 15 gol untuk timnas Nigeria sejauh ini dan termasuk salah satu striker terbaik Nigeria saat ini. Piala Dunia tahun 2010 akan menjadi Piala Dunia untuknya dan apabila dia cukup fit, tenaganya bisa diandalkan.

Ikechukwu Uche (Real Zaragoza)

Menjadi opsi lain dari lini serang Nigeria dan bisa diandalkan sebagai pemain pengganti. Hanya saja dia kerap mengalami cedera yang menghambat performanya.


PERKIRAAN FORMASI TIM



MOMEN TERBAIK

Nigeria menjadi tim Afrika pertama yang bisa meraih medali emas di Olimpiade 1996 Atalanta. Saat itu, Nigeria memiliki sejumlah pemain bagus yang dikenal sebagai generasi emas Nigeria, di antaranya Jay Jay Okocha, Daniel Amokachi dan Emmanuel Amuneke.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Tim ini dikenal sebagai tim yang religius. Hebatnya lagi, pemain yang beragama Islam dan Kristen saling bantu-membantu dan berdoa bersama, tetap dengan caranya masing-masing.

Catatan unik lainnya: Memiliki sejumlah tim dengan bobot badan yang di luar rata-rata..


TARGET DI PIALA DUNIA

Gagal menembus ke babak kedua sudah menjadi bentuk kegagalan bagi tim ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: