Profil Tim Grup C: Slovenia

Pelatih: Matjaz Kek

Konfederasi: UEFA

Rangking FIFA (Nov’09): 33

Previous Appearances: 1 (2002)


ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Slovenia finis di urutan kedua di Grup 3 di belakang juara grup Slowakia. Kemudian untuk meraih tiket ke Afrika Selatan ini mereka harus melakoni lebih dulu laga play-off melawan Rusia. Setelah sempat kalah 2-1 di Moskow, Slovenia berhasil meraih kemenangan kandang 1-0 lewat gol Zlatko Dedic. Berkat gol sebiji itulah yang kemudian membuat Slovenia berhak tampil ke Piala Dunia karena memiliki keuntungan gol tandang.

KEUNGGULAN

Sungguh tak mudah untuk melihat kokohnya soliditas pertahanan mereka. Setidaknya dari dari 12 pertandingan hanya ada enam kali saja mereka kebobolan..

YANG HARUS DIBENAHI

Persoalan paling utama dari skuad ini terletak pada sektor sayap dan lapangan tengahnya. Kontribusi pemainnya pun sangat minim. Mirnic Sisic sempat beberapa bulan absen bersama sebuah klub dan tak pernah dipanggil lagi untuk beberapa pertandingan terakhir. Semua ini tetap dilakukan karena tak ada pilihan lain untuk mencari pengganti Valter Birsa dan Andraz Kirm.

PELATIH

Ketika dirinya meneken kontrak pada Januari 2007, Matjaz Kek sangat jauh dari pilihan paling populer pada saat itu. Dua laga awal dan pada enam bulan awal dirinya melatih sempat memunculkan keraguan. Banyak fans tak yakin akan kemampuannya. Namun dia bisa membuktikannya dengan meloloskan Slovenia ke Piala Dunia. Kek merupakan sosok yang berpikir sistematis, santun berbicara, manajer modern dengan ide-idenya yang bernas yang bisa dengan mudah diterjemahkan kepada semua pemainnya.

PEMAIN BINTANG

Milivoje Novakovic (Cologne, Jerman)

Kapten klub Cologne ini telah membukukan 13 gol buat negaranya. Hanya tiga gol lagi akan membawanya sebagai striker sukses kedua di dalam sejarah Slovenia.


Robert Koren (West Brom, Inggris)

Koren menjadi elemen penting di lapangan tengah Slovenia. Kek pernah secara mengejutkan memberikannya ban kapten di awal laga kualifikasi dan Koren mampu membuktikannya. Ia adalah tipikal pemain cerdas yang tak pernah pantang menyerah.


Samir Handanovic (Udinese, Italia)

Handanovic merupakan salah satu kiper terbaik di negaranya. Bakatnya telah mulai tampak sejak usianya masih belia.

PERKIRAAN FORMASI TIM


MOMEN TERBAIK

Kenangan paling berkesan dalam sejarah sepakbola Slovenia terjadi pada sepuluh tahun lalu. Slovenia bermain melawan Ukraina di play-off Euro 2000 dengan berbekal sebuah kemenangan di leg pertama di kandangnya sendiri 2-1. Momentum penting itu terjadi beberapa menit jelang bubaran saat Milenko Acimovic berhasil membuat gol dari paruh lapangan yang memberikan kemenangan buat tim tuan rumah.


DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Statusnya sebagai negara pertama yang meraih kemerdekaan dari pecahan negara Yugoslavia sekaligus juga menjadi yang pertama dari pecahan negara Yugoslavia yang bergabung ke dalam Uni Eropa.

TARGET DI PIALA DUNIA

Para pemain dan pelatih menyadari bisa mencapai putaran kedua saja sudah menjadi kado paling istimewa dalam keikutsertaannya di Piala Dunia kali ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: