El Barca Tantang Estudiantes di Partai Puncak

Sempat tertinggal, Barcelona akhirnya keluar sebagai pemenang dalam laga semifinal kontra Atlante, Rabu (16/12/2009) malam WIB. Skor 3-1 membawa El Barca menantang Estudiantes di partai puncak.

Bermain di Sheikh Zayed Stadium, Barca sempat kebobolan lebih dulu oleh gol Guilermo Rojas. Sebelum tiga gol yang dicetak Sergio Busquets, Lionel Messi dan Pedro Rodriguez memastikan kemenangan bagi tim asal Catalan itu.

Khusus bagi Pedro, satu golnya itu membuat ia menjadi pemain Barca yang mampu mencetak gol di seluruh ajang yang diikuti dalam semusim. Pedro sebelumnya sudah mencetak gol di La Liga, Piala Raja, Liga Champions, Piala Super Eropa dan Super Spanyol.

Hasil ini pula membuat Alzugrana akan bermain di fase final, Sabtu (19/12) untuk bertemu dengan juara Libertadores, Estudiantes, yang sehari sebelumnya menang atas Pohang Steelers dengan skor 2-1.

Sementara Atlante akan berebut tempat ketiga dengan Pohang di hari yang sama.

Jalannya pertandingan

Atlante buat kejutan saat unggul lebih dulu ketika laga baru berlangsung lima menit. Diawali bola panjang dari kiper Vilar yang mengarah ke kotak penalti Barca dan tak mampu diantisipasi dengan baik oleh para bek Barca.

Alhasil Rojas mampu mencuri bola itu dan me-lob melewati Victor Valdes. Namun bola mengarah ke luar lapangan tapi dengan cepat Rojas mengejar bola tersebut dan menyepaknya ke gawang yang sudah kosong.

Tak sampai dua menit, Barca langsung mengancam lewat tendangan sudut Xavi Hernandez dan disambut tandukan Puyol. Untung Vilar mampu menyelamatkan bola tersebut.

Di menit ke-25, sebuah crossing diterima Andres Iniesta di depan kotak penalti. Dengan sekali sentuhan kaki kanan lantas dengan kaki kirinya ia menyepak bola yang sayangnya masih melayang di atas mistar Atlante.

Barca akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-35. Berawal dari corner Xavi yang disambut sundulan Yaya Toure dan bola pun mengarah ke Sergio Busquets. Dan seketika Busquets pun menyepak si kulit bundar yang menembus jala Atlante.

Dani Alves nyaris membawa Barca unggul menjelang turun minum andai sepakannya di dalam kotak penalti usai melakukan umpan satu dua dengan Pedro Rodriguez tak menyamping di sisi jala Villar. Skor 1-1 membawa kedua tim memasuki masa rehat.

Messi! Sepuluh menit setelah, pemain Argentina itu masuk sebagai pemain pengganti. Dan belum semenit berada di lapangan, Messi bawa Barca balik unggul 2-1 lewat sepakan terukur di dalam kotak penalti setelah memaksimalkan umpan terobosan Ibra.

Pada menit ke-67 Pedro menjauhkan keunggulan Barca menjadi 3-1. Diawali akselerasi Iniesta yang melakukan tusukan ke dalam kotak penalti Atlante. Meski dikepung tiga pemain lawan, Iniesta masih bisa mengumpan kepada Pedro yang lolos dari penjagaan. Dengan mudah, Pedro pun menceploskan bola ke jala Vilar.

Atlante yang banyak ditekan Barca sepanjang laga mampu mencuri kesempatan di menit ke-74. Marquez yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Valdes gagal menjebol jala Barca setelah Valdes dengan gemilang menepis bola.

Ibrahimovic pada menit ke-87 melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti yang memaksa Vilar membuat penyalamatan gemilang atas gawangnya.

Susunan pemain

Atlante: Vilar, Martinez, Gonzalez, Navarro, Marquez, Solari (Carevic 56′), Guerrero, Bermudez, Rojas, Velazquez (Pereyra 63′), Arreola.

Barcelona: Valdes, Dani Alves, Marquez (Pique 54′), Puyol, Abidal, Iniesta (Bojan 76′), Xavi, Busquets, Toure Yaya (Messi 54′), Ibrahimovic, Pedro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: