Jenis-jenis Search Engine

Mesin pencari (search engine) adalah salah satu program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam sebuah web server umum di web (www) atau komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan criteria yang spesipik ( biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi criteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks ( yang sudah di buat sebelumnya dan di mutakhirkan secara teratur ) untuk mencari file setelah pengguna memasukan kriteria pencarian.

Mesin pencari yang akan saya bahas adalah mesin pencari khusus yang di gunakan untuk mencari informasi dan berbagai file di Internet, sehingga mesin pencari sangat berguna bagi para
penggunanya untuk mencari berbagai bahan referensi atau lainnya. Untuk memudahkan pencarian di database yang begitu besar, mesin pencari menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Sedangkan untuk memudahkan dan mempercepat pencarian, mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering di sebut algoritma pencarian, kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencarian tergantung kepada cara pengindeksan dan algoritma pencarian ayng digunakan.

Struktur umum sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut :
a. Kotak teks pencari
Kotak ini digunakan sebagai tempat memasukan kata kunci yang akan dijadikan acuan dilakukan pencarian.
b. Tombol pencari
Tobol ini yang akan menjalankan perintah pencarian.

JENIS-JENIS MESIN PENCARI
Berdasarkan cara mengumpulkan data halaman-halaman web, mesin pencari dapat di kelompokkan menjadi 4 kategori
Human Organized Search Engine
Mesin pencari yang di kelola sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini menggunakan metode dengan memilah-milih informasi yang relevan dan dikelompokan sedemikian rupa sehingga lebih bermakna dan bermanfaaat bagi penggunannya. Situs ini dalam prakteknya memperkerjakan para pakar dalam bidang-bidang tertentu, kemudian para pakar tersebut dapat mengkelompokan situs-situs tertentu sesuai dengan bidangnnya atau kategori situs itu sendiri.

Yahoo! 1994 http://www.yahoo.com
LooKSmart 1996 http://www.looksmart.com
About 1987 http://www.about.com
Open Directory 1998 Dmoz.org

Computer Created Search Engine
Search engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan inforrmasi walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tida relevan tidak seperti yang kita ingin kan. Search engine ini telah menggunakan software laba-laba atau spider software yang berfungsi menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian mengunpulkan data serta mengelompokan dengan sedikit bantuan tangan manusia.
s
WebCrawler 1994 http://www.webcrawler.com
Excite 1995 http://www.excite.com
Inktomi 1996 http://www.inktomi.com
Northen Light 1997 http://www.nothernlight.com
Fast Search 1999 http://www.altheweb.com

Hybrid Seacrh Engine
Merupakan gabungan antara tangan manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relative akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai penelaah dalam proses pengkoleksian database halaman web. Sebenarnya tipe ini lah yanag paling mudah pembuatannya menurut saya karena dapat di desaingsesuai dengan keinginan kita.

Lycos 1995 http://www.lycos.com
Alta Vista 1995 http://www.altavista.com
HotBot 1996 http://www.hotbot.com
Go To 1997 http://www.goto.com
Snap 1997 http://www.snap.com
Direct Hit 1998 http://www.directthit.com
Google 1998 http://www.google.com
Go 1999 go.com
MetaCrawler/Metasearch
Merupakan perantara dari mesin pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layer browser sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari ber bagai mesin pencari yang ada.

SavvySearch 1995 savvysearch.com
Dogpile Tidak teridentifikasi http://www.dogpile.com
The Big Hub Tidak teridentifikasi http://www.infind.com
C4 Total Search Tidak teridentifikasi http://www.snap.com

Cara kerja mesin pencari
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web crawler-browsewr web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di sebut meta tag ). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk di gunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber ( yang di sebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Ketika seorang pengguna menggunakan mesin pencari dan memasukin query, biasanya dengan memasukan kata kunci, mesin mencari akan mengindesk dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya. Daftar ini biasanya di sertai ringkasan singkat menggenai judul dokumen dan terkadang sebagian teks dari hasil pencarian yang kita cari.

Sebenarnya Banyak sekali penjelasan-penjelasan yang lebih luas dan detail tentang Mesin Pencari (search engine) yang bias anda dapatkan dari Internet atau media lainnya, saya hanya berusaha memberikan sedikit ilmu yang sedikit saya tahu tentang mesin pencari. Semoga apa yang saya tulis dan sampaikan kepada anda bermanfaat buat anda dan menjadi bahan pembelaajaran atau hanya sekedar tahu saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: