Preview Liga Spanyol Pekan Ini

Puncak klasemen Liga Spanyol tidak akan berpindah dari tangan Barcelona sampai tahun berganti. Namun Real Madrid perlu untuk menjaga tren positif dengan meraih kemenangan sebelum libur musim dingin.

Barca saat ini memimpin La Liga dengan 39 poin, unggul lima angka dari Madrid yang berada di posisi dua. Meski masih memiliki satu laga yang belum dimainkan, Los Blancos tidak akan mungkin menyusul Blaugrana di akhir pekan ini yang merupakan duel terakhir di tahun 2009.

Selain ‘cuma’ menjamu Zaragoza yang saat ini masih terjebak di zona degradasi, Madrid juga akan diuntungkan dengan ketiadaaan Barca yang pada saat bersamaan melakoni partai final Piala Dunia Antarklub melawan Estudiantes. Karim Benzema dkk tentu bisa lebih berkonsenstrasi dengan laga di Stadion Santiago Bernabeu tesebut.

Selain untuk terus merapatkan jarak dengan Barca, kemenangan di laga itu juga diperlukan untuk menjaga tren positif yang dibangun Madrid sejak menghajar Gefate 2-0 di akhir Oktober.

Sejak itu Los Merengues terus memperoleh kemenangan sampai sekarang, kecuali pada El Clasico di mana mereka tunduk 0-1. Namun banyak yang menyebut bahwa Madrid tidak layak kalah lantaran menjukkan performa yang menggigit di Nou Camp.

Akan tetapi ‘Si Putih’ juga perlu waspada dengan Zaragoza sekali pun tim ini belum meraih satu kali kemenangan pun di lima laga terakhirnya. Pasalnya dari lima laga terakhir yang dilakoni kedua tim di ajang liga, Madrid juga tidak tampak begitu superior dengan cuma menang dua kali dan sisanya berakhir seri.

Namun Madrid yang berbekal kemenangan 3-2 dari Valencia di akhir pekan lalu juga akan kembali diperkuat Cristiano Ronaldo yang sebelumnya mendapat larangan bermain karena mendapat kartu merah saat melawan Almeria.

Selain itu pergerakan Sevilla (mengemas 30 poin) dan Valencia (28) yang saat ini berada di posisi tiga dan empat juga menarik untuk disimak. Kedua tim secara berurutan akan menghadapi Getafe dan Deportivo La Coruna untuk terus dapat meniti jalan guna mendobrak dominasi Barca dan Madrid di dua besar.

Menjamu Getafe di Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla jelas dinggulkan. Apalagi Luis Fabiano dkk tengah berada dalam momentum positif, yakni tidak pernah kalah selama tujuh laga beruntun di ajang liga dan empat di antaranya berujung dengan kemenangan.

Begitu juga halnya dengan Valencia yang didukung oleh rekam jejak yang ciamik kala melawat ke Riazor. Dari 10 laga terakhir di semua kompetisi melawan La Coruna sejak pertengahan 2005, Los Che baru satu kali kalah dan mengenyam lima kali kemenangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: