Prediksi La Liga Spanyol Jornada 15

Athletic Bilbao vs. Osasuna


Kick Off 20 Desember 00.00 WIB



Pelatih Athletic Bilbao Joaquin Caparros mungkin masih belum bisa melupakan kekalahan 3-0 atas Werder Bremen di Liga Europa. Namun dia tidak bisa berlama-lama meratap, karena The Basque harus bersiap menghadapi northern derby melawan Osasuna di San Mames. Di kubu Osasuna, pelatih Jose Antonio Camacho akan mencoba menahan kejatuhan timnya ke tepi zona degradasi.

Bilbao tak akan diperkuat Ion Valez, yang harus menjalani operasi. Aitor Ocio masih istirahat. Sedangkan Fernando Amorebieta dan Markel Susaeta menjalani hukuman. Meski demikian Caparros masih bisa tersenyum dengan kembalinya Ustaritz, Calor Gurpegi, Xabier Castillo dan Fernando Llorente. Osasuna masih belum bisa diperkuat Ludovic Delporte, dan Carlos Aranda diragukan. Camacho akan berharap banyak pada Walter Pandiani dan Nacho Monreal.

Prediksi : Kedua tim berpotensi mengakhiri laga dengan satu angka.



Sevilla vs. Getafe


Kick Off 20 Desember 02.00 WIB



Pekan lalu, Sevilla kembali menemukan kemampuannya memenangkan laga dengan mengalahkan Sporting Gijon 1-0. Pekan ini, The Andalusian akan mencoba mempertahankan posisi ketiga di klasemen sampai akhir paruh pertama musim, saat menjamu Getafe. Sang tamu mungkin hanya punya dua pilihan; meraih tiga angka atau tidak sama sekali, seperti yang mereka lakukan dalam 14 musim ini.

Sevilla relatif akan menurunkan skuad terbaik, dengan Sergio Sanchez dan Sebastien Squillaci kembali ke line up setelah istirahat akibat cedera. Sedangkan Adriano absen satu bulan akibat cedera. Di kubu Getafe, Fabio Celestini, Pablo Alvarez dan David Cortes, telah kembali berlatih tapi tidak ada kepastian ketiganya bisa menjadi starter. Fransisco Javier Casquero dan Rafa Lopez telah sembuh dari cedera.

Prediksi : Sevilla berpotensi menang lagi.


Real Madrid vs. Real Zaragoza


Kick Off 20 Desember 04.00 WIB



Real Madrid berharap memperpendek selisih angkanya dengan Barcelona, ketika menjamu Real Zaragoza di Santiago Bernabeu. Sedangkan Zaragoza akan memulai kehidupan barunya di bawah Jose Aurelio Gay, pelatih yang menggantikan Marcelino Garcia Toral.

Aurelio Gay bukan orang asing di Bernabeu. Ia mantan pemain Real Madrid B di tahun 1980-an, dan pelatih Real Madrid C. Ia yakin debutnya dengan Zaragoza tidak akan berakhir buruk. Namun Aurelio Gay tidak punya waktu untuk merombak timnya. Manuel Pellegrini akan bermain tanpa Pepe. Sebagai gantinya, Ezequiel Garay menjadi starter di jantung pertahanan. Marcelo telah kembali berlatih, dan siap dimainkan. Kaka masih absen, yang memungkinkan Cristiano Ronaldo leluasi beroperasi di lini tengah.

Prediksi : Los Blancos berpotensi meraih tiga angka.


Espanyol vs. Almeria


Kick Off 20 Desember 23.00 WIB



Mungkin inilah salah satu laga menarik pekan ini. Kedua tim akan bermain dengan motivasi sama; meraih tiga angka agar tidak terjerumus ke zona degradasi.

Mauricio Pochettino akan mencoba mengakhiri lima kekalahan beruntun, meski bermain tanpa Fernando Marques, Raul Tamudo dan David Garcia. Satu-satunya kabar gembira bagi Pochettino adalah Moises Hurtado akan kembali berlaga setelah menjalani hukuman dua pertandingan. Almeria akan datang dengan penuh percaya diri, setelah pekan lalu menahan Deportivo La Coruna 1-1. Namun pelatih Hugo Sanchez kehilangan Fabian Vargas dan Guilherme, yang cedera dan melakukan pelanggaran disiplin klub. Sanchez kemungkinan berharap banyak pada Hernan Bernadello dan Albert Crusat.

Prediksi : Espanyol berpotensi menang dengan satu gol.


Málaga vs. Mallorca


Kick Off 20 Desember 23.00 WIB



Mallorca akan mencoba mengangkat dirinya ke zona Liga Champions, tapi mereka miskin pengalaman memenangkan laga di kandang lawan. Malaga akan mencoba memanfaatkan kelemahan The Islander untuk membuka harapan keluar dari zona degradasi sebelum tutup paruh pertama musim.

Helder Rosario dan Edu Ramos akan kembali memperkuat Malaga, setelah istirahat beberapa pekan akibat cedera. Namun kehilangan Jesus Gamez membuat Malaga cukup terpukul. Gregorio Manzano, pelatih Mallorca, hanya akan kehilangan Borja Valero sampai akhir tahun. Ia masih bisa menurunkan skuad terkuatnya untuk meraih kemenangan tandang kedua musim ini.

Prediksi : Kedua tim berpotensi main imbang.


Valladolid vs. Sporting Gijon


Kick Off 20 Desember 23.00 WIB



Meski berada di peringkat 13, Valladolid hanya berselisih satu angka dari tim di zona degradasi. Di tiga laga terakhir, Valladolid hanya bisa memetik satu angka. Akibatnya, pelatih Jose Luis Mendilibar berpotensi kehilangan pekerjaannya jika gagal mempertahankan posisi timnya pekan ini. Sporting Gijon jauh lebih baik, dengan kemungkinan bertahan di papan tengah sampai paruh pertama musim berakhir.

Segalanya menjadi tambah sulit bagi Mendilibar dengan absennya Luis Prieto dan Alberto Marcos. Lebih menyulitkan lagi, manajemen Valladolid mengumumkan tidak akan membeli pemain baru, Januari 2010. Gijon sedikit lebih santai menghadapi laga ini, meski rekor tandangnya tidak terlalu baik.

Prediksi : Valladolid berpotensi menang dengan satu gol.


Villarreal vs. Santander


Kick Off 20 Desember 23.00 WIB



Pelatih Ernesto Valverde tidak terlalu gundah dengan kekalahan kandang timnya atas FC Salzburg di Liga Europa. Yellow Submarine menurunkan semua pemain cadangannya dalam laga itu, karena telah memastikan lolos ke babak sistem gugur. Valverde sepenuhnya fokus menghadapi Santander.

Yang membuat gundah Valverde adalah Santander di bawah Miguel Angel Portugal mulai memperlihatkan kemajuan signifikan dalam dua pekan terakhir. Santander bukan lagi tambang gol bagi tim-tim papan atas. Portugal yakin meraih kemenangan ketiga, meski akan bermain tanpa Papakouly Diop dan Laszlo Sepsi.

Prediksi : Villarreal lebih berpeluang memenangkan laga.


Tenerife vs. Atlético Madrid


Kick Off 21 Desember 01.00 WIB



Sebagai tim promosi, Tenerife relatif hanya punya peluang meraih tiga angka di depan publiknya. Sejauh ini mereka telah empat kali memenangkannya dari tujuh laga, dan layak berada di posisi 12. Atletico Madrid berpotensi mengakhiri paruh pertama musim dengan berada di zona degradasi.

Canary Islander akan menurunkan skuad terbaiknya dalam laga ini. Sedangkan Los Rojiblancos mendapatkan kabar gembira dengan akan kembalinya Sergio Aguero dan Antonio Reyes. Alvaro Domingues juga telah bisa kembali bermain, setelah menjalani hukuman. Di sisi lain, Enrique Cerezo — presiden Atletico Madrid — tidak peduli dengan hasil laga ini. Ia ingin segera mengakhiri paruh pertama musim, dan menata kembali timnya untuk menghadapi paruh kedua.

Prediksi : Atletico Madrid berpeluang membawa pulang tiga angka.


Deportivo vs. Valencia


Kick Off 21 Desember 03.00 WIB



Inilah big match pekan ini. Galicians yang kini di peringkat enam akan mencoba menembus zona Liga Champions saat menjamu Valencia. Di sisi lain, Los Che berharap mengganggu stabilitas Sevilla di posisi ketiga.

Miguel Angel Lotina, pelatih Deportivo La Coruna, akan mencoba melakukannya tanpa Manuel Pablo. Namun dia cukup gembira dengan pulihnya Andres Guardado. Satu hal yang meragukan publik Riazor adalah Deportivo bukan lagi tim yang piawai mengemas tiga angka di depan publiknya. Di kubu Valencia, Unai Emery masih kehilangan David Silva, dan harus hati-hati merotasi pemainnya. Ia mungkin harus membayar mahal sukses mengalahkan Genoa di Liga Europa, dengan kehilangan angka di Riazor.

Prediksi: Deportivo lebih berpeluang memenangkan laga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: