Chelsea Lolos Dari Kekalahan

Chelsea lolos dari kekalahan. Mereka berhasil memaksakan hasil imbang 1-1 melawan West Ham United dalam derby London di pertandingan Liga Primer Inggris di Upton Park, Minggu (20/12).

Dengan hasil tersebut Chelsea bisa melebarkan jarak poin dengan seteru terdekat Manchester United. Kini, Chelsea unggul empat poin setelah United secara mengejutkan dipermalukan Fulham 3-0.

Dalam pertandingan itu, Chelsea tertinggal lebih dulu. Namun, mereka bisa menyamakan kedudukan meski mendapatkan hadiah penalti secara kontroversial. Menariknya, penalti yang dilakukan Frank Lampard harus diulang sampai tiga kali.

Derby London tetap menghadirkan persaingan yang ketat antara kedua tim. Apalagi, baik Chelsea maupun West Ham sama-sama bermarkas di London Barat.

Tak heran meski saat ini West Ham terpaku di zona bawah, namun mereka tetap memberi perlawanan ketat terhadap The Blues. Bahkan The Hammers nyaris memukul Chelsea bila tidak diselamatkan oleh penalti Lampard.

Meski kebobolan lebih dulu, namun Chelsea sesungguhnya memperlihatkan dominasinya atas tuan rumah. Kiper Robert Green yang dikabarkan tengah diincar Chelsea sudah harus bekerja keras di menit-menit awal.

Green menyelamatkan gawangnya dari ancaman Lampard saat melepaskan tendangan voli. Namun, ia sempat terkecoh karena gagal mengantisipasi bola silang yang mengarah ke gawangnya. Beruntung tidak ada pemain Chelsea yang menyambut bola tersebut.

Selanjutnya, Branislav Ivanovic juga gagal memanfaatkan umpan silang Lampard. Sundulannya masih melambung di atas mistar gawang.

Serangan Chelsea tak menurun. Gawang West Ham sempat mendapat ancaman melalui tendangan bebas saat Scott Parker melakukan pelanggaran terhadap Didier Drogba pada menit ke-21. Namun, tendangan bebas itu berbelok arah dan hanya membuahkan sepak pojok.

Saat terjadi kemelut di depan gawang, Ivanovic mencoba menyundul bola dari tendangan sudut Lampard. Namun, Parker berhasil membuangnya.

West Ham secara pelahan mulai bangkit dan mencoba menekan pertahanan Chelsea. Tendangan gelandang Jack Collison masih bisa dimentahkan oleh kiper Petr Cech. Demikian pula Guillermo Franco gagal memanfaatkan bola rebound.


Upaya tuan rumah akhirnya membuahkan hasil saat babak pertama hampir berakhir. Wasit Mike Dean menghadiahkan penalti menyusul pelanggaran yang dilakukan bek Ashley Cole karena melakukan tackling dari belakang terhadap Collison. Tugas tersebut dieksekusi dengan baik oleh Alessandro Diamanti.

Sayangnya, West Ham tak mampu mempertahankan keunggulannya.
Chelsea akhirnya menyamakan kedudukan melalui penalti Lampard di menit ke-61.

Chelsea mendapat hadiah penalti karena Matthew Upson dianggap menjatuhkan Daniel Sturridge. Meski dalam tayangan ulang Upson tidak melakukan pelanggaran karena memang mendapatkan bola, namun wasit bersikukuh pada keputusannya.

Hanya, Lampard harus mengulang eksekusi penalti sampai tiga kali. Pasalnya, pemain dinilai tidak mematuhi peraturan saat dilakukan penalti. Lampard tak pernah gagal melakukan penalti. Namun eksekusi ketiga yang disahkan wasit.

Setelah gol itu, Chelsea kembali menguasai pertandingan meski serangan mereka masih gagal. Sebaliknya, West Ham juga berusaha menekan pertahanan tim tamu. Diamanti mendapat peluang bagus pada menit ke-72. Namun, tendangannya diselamatkan oleh Cech.

Menjelang berakhirnya pertandingan, pertahanan West Ham mendapat tekanan. Beruntung, Green tampil bagus. Ia melakukan penyelamatan terhadap serangan dari Yuri Zhirkov. Penampilan gemilang Green dipertahankannya sampai akhir pertandingan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: