Tendangan Cristiano Ronaldo Memiliki Pergerakan Unik

Dalam sebuah buku yang ditulis profesor fisika Universitas Bath, Ken Bray, diketahui bola hasil tendangan Cristiano Ronaldo memiliki pergerakan unik.

Dalam bukunya yang berjudul How to Score: Science and the Beautiful Game, Bray mendiskusikan pandangan ilmiah mengenai hubungan antara sepakbola dengan hukum alamiah alam, dengan menganalisa jalur bola ketika ditendang sejumlah pemain dengan tendangan bebas terbaik di dunia, termasuk Didier Drogba, David Beckham dan Cristiano Ronaldo.

Mengenai Ronaldo sendiri, Bray menyatakan bola hasil tendangannya memiliki efek spesial.

“Cristiano mengambil tendangan bebas dengan sikap yang khusus, bola berotasi setelah ditendang. Ketika Cristiano menendang, bola bergerak mirip dengan baseball, dan karena hal ini, alur bolanya sulit untuk ditebak,” ungkap Bray seperti dikutip AS.

“Di mata kami, sejumlah kiper mungkin terlihat bodoh, tapi pada kenyataannya mereka tidak bersalah. Jika mereka berhadapan dengan gawang, tendangan pemain ini sulit untuk diselamatkan.”

Namun Bray menilai Ronaldo bukanlah satu-satunya pemain yang memiliki tendangan seperti itu.

“Tidak ada seorang pun yang menendang seperti ini, kecuali mungkin pemain Sunderland Kieran Richardson. Dan gol yang tercipta sama sekali tidak ada hubungannya dengan keberuntungan,” tandasnya.

Bray menambahkan jika dia memprediksi teknik yang dimiliki Ronaldo akan terus meningkat, yang membuat tendangan bebasnya makin tajam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: