Chelsea Bermain Imbang Lagi

Kali ketiga dari lima laga sepanjang Desember 2009, Chelsea harus bermain imbang. Kali ini giliran Birmingham menahannya tanpa gol di St Andrew.

Meski masih memimpin klasemen Liga Primer, perolehan angka The Blues sepanjang Desember terbilang buruk. Dari lima laga, Chelsea hanya bisa menang saat menjamu Portsmouth — tim di dasar klasemen. Sebelumnya dikalahkan Manchester City 2-1, ditahan Everton 3-3, dan dipaksa West Ham bermain 1-1.

Bermain tanpa Nicolas Anelka, dan sebagai persiapan kehilangan Didier Drogba yang akan berlaga di Piala Afrika, Carlo Ancelotti menurunkan Daniel Sturridge sebagai starter di lini depan. Salomon Kalou duduk di bangku cadangan, dan baru dimainkan menit ke-67 untuk menggantikan Sturridge.

Birmingham relatif tidak mengubah komposisi yang membuatnya tak terkalahkan sembilan laga terakhir. Sebastian Larsson, Cristian Benitez, James McFadden, dengan dikomandani pemain kawakan Lee Bowyer, Birmingham penuh percaya diri.

Chelea memperoleh peluang lebih dulu ketika Drogba memberi umpan dengan tumitnya ke arah Juliano Belletti. Namun gelandang asal Italia itu gagal memanfaatkannya.

Tuan rumah menekan lewat aksi individu Christian Benitez menit ke-14. Melewati dua pemain belakang Chelsea, Benitez akhirnya dijatukan oleh Alex, dan wasit memberi tembakan bebas kepada Birmingham. Tuan rumah membuang peluang itu.

Sturridge memperoleh peluang lewat tandukan, tapi penjaga gawang Joe Hart dengan mudah menangkapnya. Menit ke-28 giliran Frank Lampard memperoleh peluang terbaik untuk mencetak gol, tapi tembakannya masih bisa ditepis Hart.

Tiga menit kemudian Benitez mencetak gol untuk Birmingham, tapi wasit menganulir. Benitez terlihat berada pada posisi offside ketika menjemput umpat Ridgwell. Namun dari tayang ulang terlihat gol itu sah.

Memasuki injury time babak pertama Sturridge memperoleh peluang terbaik untuk mencetak gol, tapi dia tidak mampu memanfaatkan umpan manis Drogba.

Di babak kedua, kedua tim terus menyerang, dan beberapa peluang tercipta. Joe Hart tampil gemilang di bawah mistar Birmingham. Chelsea selamat dari kekalahan berkat ketidak-jelian wasit.

Menit ke-65, misalnya, Birmingham meminta penalti ketika Alex mendorong Damien Johnson di kotak penalti, tapi wasit tak menggubris.

Pergantian Jan Obi Mikel dengan Michael Ballack menit ke-85 juga tidak membawa pengaruh. Empat menit kemudian Chelsea harus bermain dengan sepuluh pemain akibat kartu kuning kedua untuk Florent Malouda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: