Alasan Mancini Mau Melatih di Inggris

Roberto Mancini pernah mencicipi Liga Primer Inggris dengan memperkuat Leicester City. Namun, ia hanya sebentar bermain di Liga Primer.

Kedatangan Mancini tidak terlepas dari peran Sven Goran Eriksson yang saat itu baru terpilih sebagai manajer tim nasional Inggris. Eriksson merekomendasikan Mancini kepada Peter Taylor, manajer Leicester.

Menariknya, Taylor adalah manajer caretaker Inggris untuk satu pertandingan ujicoba melawan Italia. Ia ditunjuk FA yang masih menunggu proses perekrutan Eriksson.

Tak heran bila bergabungnya Mancini ke Leicester dikaitkan dengan FA, Eriksson dan Taylor. Mancini sendiri merupakan pemain kesayangan Eriksson di Lazio yang merangkap sebagai asisten pelatih.

Rumor yang beredar, setelah menyelesaikan kontraknya di Leicester sampai akhir musim, Mancini bakal diangkat sebagai asisten Eriksson di timnas Inggris. Namun, semua membantah rumor tersebut.

Kabar itu juga tak terbukti karena Mancini ternyata hanya bersama Leicester selama satu bulan. Ia bergabung pada Januari 2001 dan kemudian meninggalkan The Foxes pada Februari. Mancini tercatat lima kali dimainkan oleh Taylor.

Usai menghadapi Everton, ia diizinkan pulang ke Italia karena ‘urusan pribadi’. Taylor sudah berencana menurunkan Mancini saat bertemu Bristol City di babak kelima Piala FA.

Namun, Taylor justru mendapat kabar tak bagus. Mancini menghubunginya melalui telepon yang mengabarkan tak akan kembali ke Leicester. Pasalnya, ia diangkat sebagai pelatih Fiorentina.

Meski hanya sebentar merasakan Liga Primer, Mancini mengaku jatuh cinta dengan sepakbola Inggris. Ini yang mendorong dia menerima tawaran menangani Manchester City. Sebelumnya, ia juga sempat dikaitkan dengan beberapa klub Liga Primer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: