PREDIKSI Liga Italia: Giornata 20

Cagliari vs. Livorno


Kick Off 17 Januari 00.00 WIB


Kedua tim pekan lalu mengemas kemenangan yang mendorong kebangkitan moral. Namun apakan keduanya bisa mendobrak ketabuan klasemen, dengan mengangkat diri lebih tinggi. Cagliari saat ini hanya tiga angka dari zona Liga Europa, Livorno enam angka di atas zona degradasi.

Sardinian tidak lagi punya masalah dengan cedera Francesco Pisano, dan hukuman Michele Canini. Mereka telah mampu mengatasi kehilangan keduanya ketika pekan lalu mengalahkan Bologna. Alessandro Matri kian memperlihatkan ketajamannya. Di kubu Livorno, pelatih Serse Cosmi mendapatkan kabar gembira dengan kembalinya Romano Perticone dan Davide Marchini dari masa hukuman. Namun Davide Moro, Mirko Pieri, Fabio Galante dan Nico Pulzetti cedera. Yang menyenangkan adalah duet Francesco Tavano dan Cristiano Lucarelli telah mengakhiri paceklik golnya.

Prediksi: Kedua tim layak bermain imbang, tanpa atau dengan gol.



Bari vs. Inter


Kick Off 17 Januari 02.45 WIB


Inter Milan memasuki pekan menentukan saat bertandang ke San Nicola, kandang Bari. Ini laga yang harus dimenangkan, karena pekan berikutnya menghadapi Derby della Madonnina melawan AC Milan di San Siro.

Mourinho kemungkinan mengubah pendekatannya, setelah pekan lalu susah payah mengalahkan Siena 4-3. Namun Wesley Sneijder masih akan menjadi andalan. Goran Pandev mengisi lini depan, sehubungan absennya Samuel Eto’o. Sedangkan Bari berharap tidak sekadar menahan Nerazzurri seperti laga pertama di San Siro musim ini, tapi meraih kemenangan. Hanya saja Vitali Kutuzov, pencetak gol pada pertemuan pertama, terkena hukuman. Lini belakang Biancorossi kehilangan Andrea Rannochia. Giampiero Ventura kemungkinan Menduetkan Leonardo Bonucci dan Andrea Masiello di jantung pertahanan.

Prediksi: Inter kembali susah payah meraih angka.



Milan vs. Siena


Kick Off 17 Januari 21.00 WIB


Milan tidak akan menganggap enteng Siena, setelah di Coppa Italia susah payah menghadapi Novara, klub dari Lega Pro. Terlebih, Siena — meski masih di dasar klasemen — tampil luar biasa ketika dikalahkan Inter Milan 4-3 di San Siro. Namun secara historis ini game yang mudah bagi Diavolo. Sejak tiba di Serie A Italia, Siena hanya sekali bisa mengalahkan Milan dari 13 pertemuan.

Milan tanpa defender Massimo Oddo, Gianluca Zambrotta dan Oguchi Onyewu, midfielder Clarence Seedorf dan Alexandre Pato. Dominic Adiyiah menjalankan tugas internasional di Piala Afrika. Siena tidak akan diperkuat Abdel Kader Ghezzal, yang juga berangkat ke Piala Afrika, defender Emilson Cribari terkena hukuman, dan striker Reginaldo istirahat akibat cedera.

Prediksi : Milan menang susah payah.


Roma vs. Genoa


Kick Off 17 Januari 21.00 WIB


Ketika masih ditangani Luciano Spalletti, Roma mengalahkan Genoa di Stadio Olimpico dengan performa terbaik. Mereka mencetak tiga gol lewat permainan indah. Kini, Roma bermain lebih konservatif. Akankah ada gol-gol indah Giallorossi ke gawang Genoa?

Mungkin tidak. Roma di bawah Ranieri adalah tim yang sulit kebobolan, dan 10 kali tak terkalahkan. Genoa di bawah Gian Piero Gasperini adalah tim yang memainkan sepakbola entertain, meski mereka kalah di enam dari sembilan laga tandang, dan masih berjuang mengatasi inkonsistensi. Kedua tim baru saja meraih kemenangan di Coppa Italia, tapi itu tidak menjadi jaminan salah satu dari keduanya akan menang lagi.

Prediksi : Roma melanjutkan catatan tak terkalahkannya.



Atalanta vs. Lazio


Kick Off 17 Januari 21.00 WIB


Atalanta menjamu Lazio dalam keadaan compang-camping dan krisis kepercayaan diri. Bortolo Mutti akan coba mengatasinya. Lazio juga masih harus kerja keras untuk mengembalikan performanya.

Mutti dikenang dengan sentuhan ajaibnya ketika mengangkat Messina promosi ke Serie A, dan menempatkannya di posisi ketujuh musim 2004/2005. Namun tidak ada yang berani menjamin Mutti bisa melakukannya lagi. Terlebih, Atalata kehilangan Edgar Barreto, Thomas Manfredini dan Gianpaolo Bellini, yang mengalami cedera, serta Gyorgy Garics terkena hukuman. Lazio tanpa Simone Del Nero, Pasquale Foggia dan Francelino Matuzalem, yang mengalami cedera. Aleksandar Kolarov terkena hukuman, dan Mourad Meghni ke Piala Afrika.

Prediksi: Atalanta susah payah meraih satu angka.


Chievo vs. Juventus
Kick Off 17 Januari 21.00 WIB


Juve tampil luar biasa di Coppa Italia, dengan mengalahkan Napoli. Namun siapa berani mengatakan itu merupakan tanda kebangkitan Bianconeri? Tidak ada. Ciro Ferrara masih harus membuktikan formula barunya bekerja dengan baik di kandang Chievo.

Ferrara kemungkinan memainkan format 4-4-2, sehubungan cedera yang dialami Amauri, David Trezeguet, dan Vicenzo Iaquinta. Ia juga kehilangan Sebastian Giovinco, Christian Poulsen, Mauro Camoranesi dan Martin Caceres, dengan alasan sama. Mimmo Di Carlo membuat perubahan besar-besaran di line-up, sehubungan performa buruk mereka di Coppa Italia. Sergio Pellissier kembali ke lini depan, dan berpartner dengan Elvis Abbruscato. Giampiero Pinzi mendukung di belakang keduanya.

Prediksi : Juve kesulitan meraih satu angka.



Fiorentina vs. Bologna


Kick Off 17 Januari 21.00 WIB


Fiorentina adalah tim paling konsisten dengan ketidak-konsisten. Mereka kesulitan meraih kemenangan beruntun, tapi sukses di Liga Champions. Pekan ini, saat menjamu Bologna, La Viola akan mencoba menjaga konsistensinya agar bisa bersaing di zona Liga Champions.

Alessandro Gamberini kembali berlatih setelah absen cukup lama akibat cedera, namun belum akan dimainkan pelatih Cesare Prandelli. Yang membuat Prandelli gundah adalah absennya gelandang berpengaruh Cristiano Zanetti. Rossoblu juga tidak sehat, meski Stephen Appiah tidak pergi ke Piala Afrika, dan Massimo Mutarelli siap bermain.

Prediksi : La Viola menang lagi.



Parma vs. Udinese


Kick Off 17 Januari 21.00 WIB


Udinese butuh survival points ketika bertandang ke Stadio Tardini, kandang Parma. Namun siapa berani meramal Zebrette akan memperolehnya. Parma adalah tim promosi paling mengesankan musim ini.

Francesco Guidolin, pelatih Parma, kehilangan Cristian Panucci, yang terkena larangan berlaga. Ia harus memilih antara Massimo Paci atau Ivan Dellafiore yang akan mengisi posisi Panucci. McDonald Mariga sembuh dari cedera, tapi akan duduk di bangku cadangan. Sedangkan Valeri Bojinov dan Nicola Amoruso meragukan. Guidolin kepusingan. Di kubu Udinese, pelatih Gianni De Biasi akan mengganti Gokhan Inler dengan Mauricio Isla. Sedangkan Paolo Sammarco menggantikan Gaetano D’Agostino. Yang membuat pusing De Biasi adalah siapa yang layak menjadi starter di sayap kanan; Francesco Lodi atau Alexis Sanchez.

Prediksi: Parma menang lagi.



Sampdoria vs. Catania


Kick Off 17 Januari 21.00 WIB


Inilah pertemuan kedua tim paling mengkhawatirkan. Sampdoria tak pernah lagi menang sejak 29 November. Catania pekan lalu gagal mempertahankan performanya ketika dikalahkan Genoa 2-0.

Gigi Del Neri berupaya melakukan perubahan dengan aktif di pasar transfer. Winger berbakat Stefano Guberti dipinjam dari Roma, dan Mario Cassano menjadi penjaga gawang pertama. Keduanya akan dimainkan dalam laga ini. Catania relatif tidak melakukan perubahan apa pun. Mereka akan turun dengan skuad yang hanya sekali menang dari 10 laga tandang, dan kebobolan 18 gol.

Prediksi : Il Samp harus puas meraih satu angka.



Napoli vs. Palermo


Kick Off 18 Januari 02.45 WIB


Inilah pertemuan dua klub paling ambisius. Keduanya menargetkan zona Liga Champions. Napoli telah menggapainya, dan kini harus mempertahankannya. Palermo hanya tiga angka di bawah Napoli, tapi berada di peringkat tujuh.

Napoli tanpa Ezequiel Lavezzi, tapi Walter Mazzarri cukup puas dengan performa German Denis. Andrea Dossena akan membuat debutnya, tapi Hugo Campagnaro terkena hukuman, dan tempatnya diisi Gianluca Grava. Delio Rossi masih mempertimbangkan apakah mengganti Fabio Simplicio dengan Javier Pastore atau tidak. Ia akan mengambil keputusan satu jam sebelum laga dimulai.

Prediksi : Napoli menang lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: