Guardiola Bertahan Hingga 2011

Pelatih Barcelona, Josep “Pep” Guardiola, telah bersepakat dengan Presiden Klub, Joan Laporta, untuk melatih Lionel Messi dkk, setidaknya, hingga 2011, tanpa ikatan kontrak resmi. Negosiasi dan penandatanganan kontrak baru tidak akan dilaksanakan hingga selesainya pemilihan presiden Barcelona, akhir musim ini.”Kami di sini mengumumkan bahwa Guardiola akan melatih tim utama musim depan. Presiden yang baru dan Guardiola (akan) menyetujui kesepakatan (kontrak),” kata Laporta, seperti dikutip Marca.

Pep menangani Barcelona pada 2008 silam dengan masa kontrak dua musim. Meski tak memiliki pengalaman melatih tim senior, Guardiola sukses membawa Barcelona meraih enam gelar selama 2009 lalu. Ini adalah jumlah trofi terbanyak yang bisa diraih sebuah klub dalam satu musim.

Hal itu membuat Barcelona menyiapkan kontrak baru untuknya. Namun, Pep terus menunda perpanjangan kontrak. Menurut media Spanyol dan Inggris, Pep menunggu hasil pemilihan presiden Barcelona, akhir musim ini.

Ketidakpastian itu memunculkan polemik di kalangan pemain, pendukung, dan klub. Pasalnya, Guardiola telah merancang program jangka panjang dan Barcelona sudah mulai menapakinya. Dikhawatirkan, bila Pep hengkang akhir musim ini, Barcelona akan berada di persimpangan dan semua program bisa berantakan. Performa dan prestasi kemudian menjadi pertaruhannya.

Dengan perpanjangn kontrak tersebut, meski hanya setahun, Barcelona bisa menyusun dan mematangkan kembali rencana-rencana mereka bersama Pep. Semua pihak berharap, pemilihan presiden Barcelona akan berkenan kepada Pep sehingga ia akan memastikan masa depannya bersama Barcelona.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: