PREDIKSI Liga Inggris Matchday 24

Birmingham vs. Tottenham
Kick Off 30 Januari 22.00 WIB

Pekan lalu, Birmingham menderita kekalahan pertama dalam 13 laga ketika dibantai Chelsea tiga gol tanpa balas. Pekan ini mereka kembali lagi ke ibu kota Inggris itu untuk menghadapi Tottenham. Pelatih Alex McLeish kemungkinan masih akan menurunkan komposisi pemain yang sama, yang telah 11 kali dimainkan. Sedangkan Craig Gardner, pemain baru yang diboyong dari Aston Villa, duduk di bangku cadangan.

Di kubu Tottenham, Eidur Gudjohnsen belum akan membuat debutnya. Aaron Lennon masih cedera. Ledley King kemungkinan harus berjuang mengatasi kesehatannya agar bisa tampil kali kedua dalam lima hari. Jika gagal, pelatih Harry Redknapp akan menurunkan alternatif terbaiknya di jantung pertahanan, yaitu Sebastien Bassong.

Prediksi: Birmingham kehilangan angka lagi.

Burnley vs. Chelsea
Kick Off 30 Januari 22.00 WIB

Usai pesta kemenangan atas Birmingham, dan Chelsea kembali memimpin klasemen, kapten John Terry memperingatkan rekan-rekannya untuk secepatnya fokus ke laga di kandang Burnley. Peringatan Terry beralasan. Burnley punya rekor kandang bagus, dengan sekali kalah dari sepuluh laga, dan kini sedang berupaya keluar dari zona degradasi.

Burnley akan kembali diperkuat Andre Bikey, yang baru kembali dari Piala Afrika, Cris McCann yang baru sembuh dari cedera, serta debutan Danny Fox. Brian Law, pelatih Burnley, sangat berharap Fox mencetak gol pertamanya di Liga Primer. Di kubu Chelsea, Carlo Ancelotti telah bisa memainkan legiun Afrika-nya; Didier Drogba dan Salomon Kalou. Sedangkan Juliano Belletti masih bermasalah dengan lutut. Deco melanjutkan perannya sebagai holding midfielder.

Prediksi: Chelsea masih bisa meraih tiga angka.

Fulham vs. Aston Villa
Kick Off 30 Januari 22.00 WIB

Aston Villa menghadapi tahap kritis musim, yang akan menentukan apakah bisa kembali ke zona Liga Champions dan bertahan sampai akhir. Fulham juga mengalami hal sama. Bedanya, mereka hanya punya target bertahan di papan tengah.

Cottagers akan menjawabnya pekan ini, meski akan menghadapi Aston Villa tanpa Andrew Johnson, Clint Dempsey, dan Paul Konchesky. Chris Smalling masih akan bermain, tapi dengan pikiran telah berada di Old Trafford. Ia akan bergabung dengan Manchester United pada akhir musim. Meski mengalami penurunan dramatis, Fulham belum terkalahkan di Craven Cottage sejak September 2009. Mereka juga tidak bisa dikalahkan Aston Villa di kandang sejak 2004. Aston Villa akan datang tanpa Stephen Warnock, dan Nigel Reo-Coker kembali berlatih, tapi mungkin belum bisa dimainkan.

Prediksi: Villa masih belum bisa menang di Craven Cottage.

Hull vs. Wolverhampton
Kick Off 30 Januari 22.00 WIB

Di klasemen sementara, kedua tim hanya terpisah dengan selisih satu angka. Bedanya, Wolves masih di peringkat 17, Hull di zona degradasi. Keduanya juga menghadapi persoalan sama; tidak produktif menghasilkan gol. Wolves gagal mencetak gol di empat laga terakhir. Hull hanya mengoleksi tiga gol dari tujuh laga terakhir. Hull menderita kebobolan paling banyak, dengan 46 gol. Wolves 38.

Hull mengatasinya dengan mendatangkan Amr Zaki, tapi striker Mesir ini masih harus menjalani tes kesehatan agar bisa bermain. Sedangkan Dean Marney, Geovanni, Kamel Ghilas, dan Kamil Zayatte, diragukan bisa bermain. Jimmy Bullard diprediksi telah bisa kembali ke tim inti. Di kubu Wolves, Geoffrey Mujangi Bia kemungkinan belum bisa membuat debutnya. Stefan Maierhofer cukup fit, setelah mengalami masalah hernia. Sedangkan David Edwards, Andy Keogh, dan Michael Knightly, absen.

Prediksi: Kedua tim harus puas bermain tanpa gol, atau 1-1.

Liverpool vs. Bolton
Kick Off 30 Januari 22.00 WIB

Pekan ini tepat 56 tahun sejak Bolton Wanderers kali terakhir menang di Anfield. Saat itu, The Reds berada di zona degradasi, dan tak mampu keluar sampai akhir musim. Butuh delapan tahun bagi The Reds untuk kembali ke kompetisi tertinggi di Inggris. Owen Coyle, pelatih Bolton, pasti tidak bermimpi menjadi pelatih pertama Bolton yang membawa pulang kemenangan dari Anfield dalam setengah abad.

Coyle masih akan menurunkan susunan pemain yang sama seperti tengah pekan lalu, karena Mark Davies masih akan absen. Sedangkan Liverpool akan kembali diperkuat kapten Steven Gerrard. Fabio Aurelio dan Daniel Agger masih akan absen. Fans The Reds berharap timnya tidak lagi tertahan tim-tim papan bawah.

Prediksi: Liverpool menang dengan dua gol tanpa balas.

West Ham vs. Blackburn
Kick Off 30 Januari 22.00 WIB

Kegagalan mengalahkan Portsmouth pekan lalu membuat West Ham kini hanya satu angka dari zona degradasi. Di sisi lain, Blackburn baru saja menikmati bonus besar, dengan kembali menemukan kemampuannya memenangkan laga. Meski demikian The Hammers tidak perlu rendah diri. Mereka punya rekor mengesankan atas Blackburn, dengan hanya sekali kalah dari 12 pertemuan terakhir.

Carlton Cole kemungkinan telah bisa menjadi starter di lini depan West Ham, setelah absen sejak November akibat cedera lutut. Gelandang Scott Parker dan defender Herita Ilunga juga telah pulih dari cedera, dan akan menjadi starter. Blackburn masih belum bisa menurunkan pemain barunya; Yildiray Basturk. David Dunn absen, tapi Christopher Samba kembali dari masa hukuman.

Prediksi: The Hammers meraih tiga angka.

Wigan vs. Everton
Kick Off 30 Januari 22.00 WIB

Everton yang mulai bangkit pekan ini menyambangi DW Stadium untuk menghadapi satu dari delapan tim yang sedang berjuang menghindari zona degradasi. Ini bukan laga yang mudah, karena kedua tim kesulitan menjaga konsistensinya.

Wigan tanpa kapten Mario Melchiot. Penjaga gawang Chris Kirkland masih menjalani masa recovery dari collarbone injury, yang membuat Vladimir Stojkovic dipercaya berdiri di bawah mistar. Di kutu Everton, Mikel Arteta telah kembali berlatih tapi belum bisa dimainkan. Forward Victor Anichibe masih akan menghangatkan bangku cadangan.

Prediksi: Everton meraih tiga angka lagi.

Man City vs. Portsmouth
Kick Off 31 Januari 20.30 WIB

Meminjam istilah kaum Marxist, inilah yang dimaksud benturan antarkelas. Portsmouth yang papa, dan tercekik utang £60 juta, bertandang ke istana kaum borjuis Manchester City yang bergelimang uang. Si miskin akan mencoba tidak inferior, dan dipastikan bermain dengan motivasi tinggi.

Emmanuel Adebayor akan mencatatkan penampilan ke-100 di Liga Primer jika menjadi starter dalam laga ini. Kolo Toure telah kembali ke Eastland dari Piala Afrika. Defender Wayne Bridge juga telah kembali berlatih setelah delapan pekan absen akibat cedera lutut. Portsmouth masih harus mendapatkan international clearance bagi Quincy Owusu-Abeyie, pinjaman barunya. Jamie O’Hara kembali dari masa peminjaman di Tottenham Hotspurs, dan telah bisa dimainkan.

Prediksi: Manchester City kembali bisa menikmati kemenangan.

Arsenal vs. Man United
Kick Off 31 Januari 23.00 WIB

Selalu ada ulah mengejutkan yang dilakukan Arsene Wenger saat menghadapi MU. Ia pernah menuduh MU memainkan anti-football, menendang botol minuman dan diusir wasit, serta menjadi sasaran cemoohan penonton. Alex Ferguson berharap fans tidak lagi mencemooh Wenger.

The Gunners akan menjamu MU tidak dengan kekuatan terbaiknya. Thomas Vermaelen patah kaki, yang membuat Wenger terpaksa memberi kepercayaan kepada defender gaek Sol Campbell berdiri di jantung pertahanan untuk mengatasi Wayne Rooney. Campbell akan ditemani Alexander Song dan Emmanuel Eboue. Di kubu MU, Rio Ferdinand menjalani masa hukumannya setelah gagal minta pengampunan. Nemanja Vidic yang kemungkinan menggantikannya meredam aksi Nicklas Bendtner, yang kemungkinan turun kali pertama pasca cedera.

Prediksi: Hasil seri cukup moderat, tapi tak bisa diterima kedua tim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: