PREDIKSI Liga Italia Giornata 22

Bari vs. Palermo
Kick Off 31 Januari 00.00 WIB

Bari membanggakan rekor kandangnya, dan akan mempertahankannya di pekan ke-22. Palermo hanya kalah sekali di San Nicola dari 10 kali kunjungan, yaitu saat dipecundangi Cagliari, September lalu. Palermo datang ke San Nicola dengan harapan membawa tiga angka, dan naik ke zona Liga Champions. Bari hanya dituntut mengakhiri catatan tak bisa menang di empat laga terakhir.

Tuan rumah diprediksi akan menurunkan semua dari tiga mantan pemain Palermo yang dimilikinya; defender Alessandro Parisi, midfielder Daniele De Vezze dan Salvatore Masiello. Namun Bari tanpa Riccardo Meggiorini, yang terkena hukuman. Gelandang Mariano Donda dan striker Vitali Kutuzov cedera. Palermo bukan tanpa masalah. Striker Levan Mchedlidze dan gelandang Marco Bresciano, cedera. Defender Moris Moris Carrozzieri dilarang tampil sampai April 2011.

Prediksi: Palermo menang lagi.

Napoli vs. Genoa
Kick Off 31 Januari 02.45 WIB

Sejak promosi tahun 2007, baru kali ini kedua klub memperlihatkan kemajuan. Namun Genoa agak iri dengan sekutunya dari selatan. Adalah Rossoblu yang memulainya ketika presiden Enrico Preziosi menargetkan Liga Champions. Napoli tidak banyak bicara, tapi kini di peringkat empat.

Gian Piero Gasperini, pelatih Genoa, masih punya kesempatan mengangkat timnya. Ia akan coba memulainya di San Paolo. Genoa memperkuat diri dengan kedatangan Dario Dainelli dan David Suazo, dan keduanya akan turun dalam laga ini. Di kubu Napoli, satu-satunya masalah adalah cedera berkelanjutan yang dialami Ezequiel Lavezzi. Walter Mazzarri tidak terlalu gundang dengan absennya Erwin Hoffer, dan Fabiano Santacroce, serta Michele Pazienza yang terkena hukuman.

Prediksi: Napoli tertahan.

Milan vs. Livorno
Kick Off 31 Januari 21.00 WIB

Ini mungkin pekan paling menegangkan bagi kedua tim. Milan mengakhiri catatan kemenangannya dengan dua kekalahan. Livorno kisruh di dalam, sehubungan terjadinya ketegangan antara pelatih Serse Cosmi dengan presiden klub.

Milan akan coba memanfaatkan laga ini untuk mengatasi persoalannya. Leonardo mengintensifkan latihan dengan permainan passing cepat. Namun ia tidak bisa mengatasi kegundahannya sehubungan absennya Alessandro Nesta. Tanpa Nesta, Thiago Silva tak bisa bekerja maksimal. Gianluca Zambrotta telah bisa bermain. Giuseppe Favali akan terpaksa diturunkan, untuk mengatasi ketidak-hadiran Nesta. Livorno mungkin butuh keajaiban untuk menang di San Siro. Mereka terakhir kali membawa pulang kemenangan dari Milan pada musim 1941/1942.

Prediksi: Milan kembali menemukan kemampuan memenangkan laga.

Roma vs. Siena
Kick Off 31 Januari 21.00 WIB

Giallorossi kini secara serius dipertimbangkan sebagai pesaing Inter dan AC Milan. Tidak berlebihan. Akhir pekan ini mereka difavoritkan meraih tiga angka lagi saat menjamu Siena. Sang tamu sedang berada dalam masalah serius, tidak tahu lagi bagaimanya nikmatnya kemenangan.

Roma tidak akan diperkuat Luca Toni, tapi Francesco Totti telah fit seratus persen. Ia akan bisa mempertajan serangan Roma bersama Mirko Vucinic. Philipe Mexes menggantikan Nicolas Burdisso di lini belakang. Julio Sergio kembali ke bawah mistar. Siena kehilangan Cribari dan Jardim Brandao yang terkena hukuman. Sebagai gantinya, Claudio Terzi dan Daniele Ficagna akan menjadi starter. Sedangkan Reginaldo dan Mate Jajalo meragukan.

Prediksi: Roma menang dengan lebih dari satu gol.

Cagliari vs. Fiorentina
Kick Off 31 Januari 21.00 WIB

Cagliari kemungkinan belum akan menurunkan Radja Nainggolan, pemain keturunan Indonesia yang baru diboyong dari Piacenza. Cagliari sedang dalam kepercayaan diri tinggi, karena mendekati zona Liga Europa. Di sisi lain, Fiorentina — tamu yang akan dihadapinya — mulai khawatir terjerumus ke dalam krisis. La Viola kini di posisi papan tengah.

Cesare Prandelli kemungkinan akan meninjau ulang sistem 4-2-3-1. Musim lalu, sistem ini bekerja dengan baik. Pekan lalu sistem yang sama tak lagi bekerja, dan Fiorentina dikalahkan Palermo tiga gol tanpa balas. Cagliari masih akan menurunkan komposisi yang sama seperti ketika ditahan Siena 1-1. Alessandro Matri dan Nene, dua ujung tombak Cagliari, akan dimainkan. Di kubu Fiorentina, Alberto Gilardino dan Adrian Mutu tidak mendapat dukungan gelandang Cristiano Zanetti.

Prediksi: Fiorentina pulang tanpa angka.

Catania vs. Udinese
Kick Off 31 Januari 21.00 WIB

Di bawah Sinisa Mihajlovic, Catania hanya kalah sekali dari lima laga. Pekan lalu, mereka mengalahkan Parma tiga gol tanpa balas. Mihajlovic akan mencoba meraih kemenangan tandang kedua berturutan, untuk mengeluarkan Catania dari zona degradasi. Udinese berpotensi terperosok sepulang dari Stadio Angelo Massimino.

Catania belum pernah mengalahkan Udinese sejak 2007. Udinese hanya menang sekali di kandang Catania, yaitu pada Oktober 2008. Sejak dipegang Giani De Biasi, Udinese belum pernah menang di lima laga Serie A. Namun sukses mengalahkan Milan di Coppa Italia dipastikan membuat Catania lebih hati-hati.

Prediksi: Udinese terjerumus ke zona degradasi.

Chievo vs. Bologna
Kick Off 31 Januari 21.00 WIB

Henry Gimenez menjadi harapan baru Bologna. Bermain sebagai partner Marco Di Vaio saat menjamu Bari, Gimenez mencetak dua gol. Ia mengangkat Bologna menjauh dari zona degradasi. Gimenez membuat formasi 4-4-1-1 berjalan sempurna.

Chievo bermasalah tidak bisa bermainnya Davide Mandelli, Giampiero Pinzi, dan Luca Rigoni. Meski demikian, Chievo tanpa ketiganya masih akan berbahaya. Pelatih Mimmo Di Carlo selalu punya cara meracik pemain yang dimilikinya.

Prediksi: Kedua tim bermain imbang.

Parma vs. Inter
Kick Off 31 Januari 21.00 WIB

Inter harus fokus menghadapi laga ini, dan melupakan semua yang mereka raih dalam sepekan; memenangkan Derby della Madonnina dan mendepak Juve dari Coppa Italia. Parma kembali akan mencoba mengakhiri rekor buruknya, yang tidak bisa menang di lima laga.

Jose Mourinho kemungkinan harus berpikir kerasa mengatasi kehilangan Lucio di lini belakang, dan Wesley Sneijder di lini tengah. Samuel Eto’o telah tiba dari Piala Afrika, tapi bukan itu yang diperlukan Maourinho. Parma masih belum bisa memainkan Alberto Paloschi dan Damiano Zenoni, yang membuat Francesco Guidolin kesulitan menyusun skenario permainan.

Prediksi: Inter tertahan.

Sampdoria vs. Atalanta
Kick Off 31 Januari 21.00 WIB

Pekan lalu, Il Samp kembali menemukan cara memenangkan laga. Pekan ini, mereka akan mencoba melanjutkannya ketika menjamu Atalanta. Namun mereka dihantui kekhawatiran kian memburuknya hubungan Antonio Cassano dengan Gigi Del Neri. Atlalanta punya masalah yang lebih serius.

Jika Cassano tidak berniat main, Del Neri akan menurunkan Nicola Pozzi. Marco Stortari akan berdiri di depan gawang, karena Luca Castellazzi masih cedera. Sampdoria kehilangan Daniele Gastaldello, yang terkena hukuman. Ia digantikan Stefano Lucchini. Atalanta masih kehilangan Cristiano Doni, dan Ernesto Chevanton akan menggantikannya. Bartolo Mutti, pelatih Antalanta, belum memutuskan siapa yang akan menjag gawang Atalanta; Fernando Coppola atau Andrea Consigli.

Prediksi: Sampdoria menang lagi.

Juventus vs. Lazio
Kick Off 1 Februari 02.45 WIB

Alberto Zaccheroni mungkin butuh keajaiban untuk mengubah Juventus dalam semalam. Ia hanya punya waktu beberapa untuk mempersiapkan Bianconeri menghadapi laga ini, dan pasti dibuat pusing oleh banyaknya pemain cedera. Lebih mengenaskan lagi, Zaccheroni tidak bisa memainkan Ginaluigi Buffon di bawah mistar, dan Fabio Grosso di belakang. Keduanya menjalani hukuman.

Lazio juga tidak lebih baik. Pelatih Davide Ballardini kini berada dalam tekanan hebat, menyusul kegagalan Biancoceleste di Coppa Italia. Christian Ledesma kemungkinan kembali ke line-up, setelah upayanya meninggalkan Lazio gagal. Dari dua kali kunjungannya ke Turin, Lazio selalu kalah. Ballardini akan coba memperbaikinya, dengan memanfaatkan keterpurukan Juve.

Prediksi: Juve masih belum bisa menang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: