Mesir Juara Piala Afrika

Mesir meraih titel juara Piala Afrika 2010 setelah menundukkan Ghana 1-0 di Estadio 11 de Novembro, Senin (1/2) dinihari WIB.

Nagy Gedo menjadi pahlawan kemenangan Mesir dengan golnya di menit 85, pada laga yang berlangsung dramatis dan disaksikan oleh puluhan ribu penonton.

Gelar tersebut menjadi gelar ketujuh bagi Mesir dalam sejarah panjang keikutsertaan mereka di ajang Piala Afrika.

Namun kemenangan tersebut tak diraih dengan mudah. Mesir harus bersusah payah mencari celah masuk ke pertahanan Ghana yang tampil atraktif di sepanjang pertandingan.

Sundulan Hosham Ghaly dan Ahmed Hassan di paruh pertama pertandingan nyaris membawa Mesir unggul. Tapi bola, jika tidak dibendung kiper Richard Kingson, hanya melebar dari gawang.

Duel semakin ketat di paruh kedua. Ghana lebih bisa mengimbangi permainan menyerang Mesir dengan beberapa kali melakukan serangan balik yang nyaris membuahkan hasil. Gyan Asamoah nyaris membobol gawang Mesir di menit 53 dan 62, jika saja tendangannya lebih terarah.

Di menit 80, Kwadwo Asamoah memiliki peluang matang membawa Ghana memimpin. Namun Wael Gomaa lebih sigap menghalau bola yang menuju gawangnya.

Mesir akhirnya bisa unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-86. Gedo melepas tendangan melintir kaki kanan yang gagal diamankan kiper Kingson.

Berada di atas angin, Mesir memilih untuk bermain bertahan di sisa waktu yang ada. Kesempatan itu digunakan Ghana untuk melakukan serangan frontal. Peluang didapat Eric Addo, tapi tak sampai bisa mengubah kedudukan.

Setelah habis lima menit masa injury time, wasit Koman Coulibaly meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, yang langsung disambut dengan selebrasi juara oleh Mesir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: