Barca Tundukkan Getafe Dengan 9 Pemain Saja

Hingga pekan ke-21, rekor tak terkalahkan Barcelona masih terjaga. Meski bermain dengan sembilan orang, El Barca tetap menang 2-1 atas Getafe di Nou Camp, Minggu (7/2/2010) dinihari WIB.

Barca buka keunggulan saat laga berjalan tujuh menit lewat Lionel Messi. Memanfaatkan situasi sepak pojok, Yaya Toure yang mendapat bola lantas mengumpan kepada Messi, yang kemudian melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti yang menembus gawang Jordi Codina.

Gol ke-18 Messi yang mengukuhkan sebagai topskorer sementara La Liga musim ini.

Messi yang bergerak di sisi kanan pada menit ke-14 memberi bola terukur kepada Zlatan Ibrahimovic di area 16 meter. Namun bek Getafe mengagalkan peluang striker Swedia itu.

Dan lima menit sesudahnya kerjasama satu-dua Messi dan Maxwell diakhiri Messi dengan tendangan namun bola masih mengenai kaki Codina.

Pada menit ke-24 Barca harus kehilangan Gerard Pique yang diusir keluar lapangan oleh wasit akibat tekel kerasnya pada pemain Getafe, Rafa.

Keunggulan jumlah pemain itu pun dimanfaatkan tim tamu yang menekan di menit ke-28 lewat sepakan bebas yang diteruskan tandukan Pedro Rios yang sialnya bola masih melayang di atas mistar gawang Getafe.

Dua menit sebelum jeda, sebuah umpan terobosan jitu Messi menemui Ibra di kotak penalti. Sambil mengecoh Codina, ia pun melepaskan tendangan ke arah gawang yang sudah kosong. Tapi dengan sigap Rafa menghalau bola itu masuk ke jala Getafe.

Di menit ke-59, umpan satu dua yang dilakukan Messi dan Xavi Hernandez membuka pertahanan Getafe dan Seydou Keita mendapat bola tersebut. Sayang sepakannya malah menyamping tipis di sisi gawang Codina.

Dan Xavi pun memberi Barca kenyamanan pada menit ke-68 lewat golnya memaksimalkan usaha Messi yang membuka ruang dan kemudian memudahkan Xavi untuk memaksa Codina memungut bola untuk kedua kalinya pada laga itu.

Getafe berhasil memperkecil keadaan jadi 1-2 lewat penalti Roberto Soldado di masa injury time dan Barca harus kehilangan satu pemain lagi karena Rafael Marquez terkena kartu merah.

Dengan raihan tiga poin ini, Los Cules tetap kokoh di puncak klasemen dengan rekor tak terkalahkan hingga pekan ke-21 dengan 55 poin. Unggul delapan poin dari Real Madrid yang baru bertanding beberapa saat lagi kontra Espanyol.

Untuk Getafe, kekalahan itu menempatkan mereka di posisi ketujuh dengan 31 poin dengan jumlah laga yang sama.

Sementara pada laga sebelumnya, Valencia mengokohkan dirinya di empat besar klasemen usai menaklukkan Real Valladolid dua gol tanpa balas. Gol-gol kemenangan EL Che dihasilkan oleh Ever Banega pada menit ke-8 dan David Villa yang setia menguntit Messi di puncak daftar topksorer dengan gol ke-16nya di menit ke-28.

Pasukan Unai Emery itu punya 45 poin dan ada di urutan ketiga dari 21 laganya. Lalu Valladolid di tangga ke-17 dengan 18 poin.

Susunan pemain

Barcelona: Valdes, Alves, Milito, Pique, Abidal, Xavi, Toure (Marquez 58′), Keita, Iniesta, Messi, Ibrahimovic (Busquets 52′).

Getafe: Codina, Mane (Manu 56′), Rafa, Cata Diaz, Miguel Torres, Parejo (Casquero 64′), Boateng, Albin, Pedro Rios, Miku, Soldado.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: