PREDIKSI La Liga Spanyol Jornada 21

Valencia vs. Valladolid
Kick Off 7 Februari 00.00 WIB

Los Che seakan telah keluar dari persaingan meraih gelar, setelah pulang dari kandang Sevilla dengan kekalahan 2-1. Valladolid akan mengawali kehidupannya tanpa pelatih Jose Luis Mendilibar. Ia dipecat setelah Valladolid menelan dua kekalahan beruntun. Onesimo Sanchez akan coba menjauhkan Valladolid dari tepi zona degradasi, dengan meraih angka di Mestalla.

Manajemen Valencia mengimbau timnya menciptakan atmosfere laga Liga Champions dalam laga ini, untuk mengintimidasi Valladolid. Alasannya sederhana, Los Che tidak turun dengan kekuatan terbaiknya karena absennya Joaquin dan David Navarro. Manuel Fernandez, yang gagal ke Inter Milan, kemungkinan dimainkan. Valladolid baru bisa memainkan satu dari dua pemain barunya, yaitu Henrique Sereno. Sedangakn Asier Del Horno, yang dipinjam dari Valencia, tidak boleh menghadapi klub induk. Manucho terkena hukuman.

Prediksi : Valencia menang susah payah.

Barcelona vs. Getafe
Kick Off 7 Februari 02.00 WIB

Entah apa yang ada dalam pikiran pelatih Pep Guardiola ketika mengatakan; “Cepat atau lambat Barcelona akan tersandung di Liga, tapi saya berharap itu tidak terjadi pekan ini.” Pers Spanyol berspekulasi Guardiola sedang memperingatkan pemain bintangnya. Spekulsi lain, Guardiola gundah melihat kinerja Michel — mantan rekannya di timnas Spanyol yang melatih Getafe.

Jika sejenak melihat klasemen, Guardiola sebenarnya tak perlu gundah. Rekor tandang Getafe tak terlalu baik, dengan tiga kemenangan dari sepuluh laga. Di sisi lain, Barca tak terkalahkan di sembilan laga kandang.

Barca akan kehilangan kapten Carles Puyol, yang terkena larangan berlaga. Dani Alves dan Eric Abidal meragukan. Zlatan Ibrahimovic masih akan berada di lini depan Barca, meski mengalami paceklik gol. Di kubu Getafe, pekan lalu Michel memperoleh hasil seri pertamanya. Terdapat asumsi Getafe mulai beriskap moderat, dengan tidak melulu memandang laga sebagai pertarungan untuk menang atau kalah. Getafe kehilangan Jaime Gavilan, Fabio Celestini, Pedro Leon dan Adrian Lopez. Striker Kepa Blanco, meski tidak terlalu mengesankan, terpaksa dipanggil lagi.

Prediksi : Barca menang mengesankan.

Real Madrid vs. Espanyol
Kick Off 7 Februari 04.00 WIB

Real Madrid memenangkan seluruh dari sepuluh laga kandang. Espanyol menelan enam kekalahan dari sembilan laga tandang. Sulit membayangkan Los Blancos kehilangan angka di Santiago Bernebau, ketika statusnya saat ini adalah satu-satunya tim yang masih bisa bersaing dengan Barca untuk meraih gelar.

Cristiano Ronaldo merayakan ulang tahun ke-25, Sabtu (6/2), tapi tidak merayakannya di lapangan dengan gol. Ia masih absen satu kali lagi akibat hukuman. Namun Real Madrid tidak lagi peduli, setelah bisa menang di Riazor — kandang Deportivo La Coruna — tanpa pemain termahal itu.

Espanyol tiba di Madrid dengan kepercayaan diri penuh, setelah menang 1-0 atas Athletic Bilbao. Namun pelatih Mauricio Pocchetino tanpa kapten Ivan de la Pena. Di kubu Madrid, pelatih Manuel Pellegrini harus memilih antara Gonzalo Higuain dan Raul, yang harus menemani Karim Benzema. Raul sangat ingin turun dalam laga ini, karena sepanjang kariernya dia membuat banyak gol ke gawang Espanyol.

Prediksi : Real Madrid menang dengan dua gol atau lebih.

Almeria vs. Sporting Gijon
Kick Off 7 Februari 23.00 WIB

Juan Manuel Lillo relatif berhasil membenahi Almeria. Sejauh ini, ia baru menelan sekali kekalahan sepanjang 2010. Sporting Gijon membunyikan tanda bahaya menyusul kekalahan kandang atas Barcelona pekan lalu.

Lillo akan mencoba memperbaiki performa timnya dalam laga ini. Namun ia tidak bisa memainkan Santi Acasiete, akibat cedera engkel. Di kubu Gijon, gelandang Rivera diragukan bisa bermain, dan Lola Smiljanic belum bisa membuat debutnya.

Prediksi : Kedua tim bermain hati-hati, dan harus puas dengan hasil seri.

Ath Bilbao vs. Xerez
Kick Off 7 Februari 23.00 WIB

Pekan lalu, Xerez memperoleh kemenangan kandang keduanya dengan mempecundangi Mallorca — tim yang bermimpi hadir di Liga Champions musim depan — 2-1. Namun mereka tidak punya pengalaman memenangkan laga tandang. Xerez berpotensi menjadi pelampiasan kekecewaan Los Leones, yang pekan lalu pulang dari kandang Espanyol dengan kekalahan 1-0.

Tuan rumah kemungkinan tanpa Fran Yeste. Fernando Llorente juga diragukan bisa belaga akibat menderita gastroenteritis. Namun Ustaritz Aldekoaotalora dan Carlos Gurpegui telah berlatih secara normal, meski belum tentu bisa dimainkan. Mikel San Jose dan Javi Martinez, terbebas dari hukuman. Xerez tanpa David Prieto dan Armenteros. Matias Alustiza dan Nicolas Vigneri kemungkinan membuat debutnya.

Prediksi : Bilbao menang dengan selisih satu gol.

Málaga vs. Deportivo
Kick Off 7 Februari 23.00 WIB

Akhirnya, ada tanda-tanda Malaga akan bisa bangkit sebelum musim berakhir, dan selamat dari ancaman degradasi. Namun pelatih Juan Ramon Muniz belum terlalu yakin. Ia masih harus membuktikannya saat menjamu Deportivo. Di sisi lain, Depor akan mencoba kembali ke zona Liga Champions, setelah pekan lalu menelan kekalahan pertama atas Real Madrid dalam 19 tahun.

Patrick Mtiliga kembali berlatih, setelah istirahat akibat patah hidung disikut Cristiano Ronaldo. Victor Obina kembali memperkuat Malaga, setelah mengikuti laga internasional. Apono, Helder Rosario dan Jordi Pablo, masih belum bisa tampil meski telah berlatih. Sedangkan Welington terkena hukuman. Di kubu Deportivo, Alberto Lopo dan Ze Castro akan bisa bermain setelah istirahat sepekan akibat gastroenteritis. Sergio Gonzales kemungkinan telah bisa bermain, sedangkan Andres Guardado meragukan.

Prediksi : Malaga menang lagi.

Mallorca vs. Villarreal
Kick Off 7 Februari 23.00 WIB

Siapa bilang Mallorca tak bisa dikalahkan di ONO Estadi. Getafe membuktikan The Islander tidak terlalu sakti di kandangnya, dengan mengalahkannya 2-1 dalam laga Copa del Rey. Juan Carlos Garrido, yang menggantikan Ernesto Valverde, punya alasan optimistis membawa pulang tiga angka dari ONO Estadi dalam debutnya mengatasi kejatuhan Villarreal.

The Islander tutup mulut soal status pemainnya dalam laga ini, tapi pers Spanyol mengindikasikan Ivan Ramis akan absen akibat cedera. Tuni dan Victor juga belum bisa bermain. Villarreal memperoleh kabar buruk dengan cedera, Santi Cazorla menjalani operasi punggung dan absen tujuh pekan. Javi Venta mengalami kemajuan dalam penyembuhan cedera, tapi belum bisa bermain dalam laga ini.

Prediksi : Mallorca masih belum terkalahkan di kandangnya.

Osasuna vs. Tenerife
Kick Off 7 Februari 23.00 WIB

Los Rojillos, julukan Osasuna, boleh bernafas lega. Mereka berada di peringkat sepuluh, dan sembilan angka dari zona degradasi. Tenerife sebaliknya. Mereka masih di zona degradasi, tapi Canary Islanders masih mungkin menyelamatkan diri.

Osasuna akan coba memapankan diri di papan tengah, mseki akan bermain tanpa Juanfran yang baru saja menjalani operasi. Ludovic Delporte juga akan menjalani operasi, setelah tiga tahun mengalami operasi otot besar. Sedangkan Oier masih belum bisa main. Jose Antonio Camacho kemungkinan dipaksa menurunkan muka barunya, Carlos Aranda, dalam laga ini. El Tete, julukan Tenerife, akan menurunkan skuad terkuat karena hanya kehilangan Carlos Bellvis.

Prediksi : Osasuna meraih tiga angka lagi.

Zaragoza vs. Sevilla
Kick Off 8 Februari 01.00 WIB

Pekan lalu, Real Zaragoza keluar dari zona degradasi berkat kemenangan di kandang El Tete — julukan Tenerife. Pekan ini, los Blanquillos akan coba menjauhi zona berbahaya saat menjamu Sevilla. Sesuatu yang tidak mudah. Sevilla akan bermain habis-habisan untuk mempertahankan posisinya di zona Liga Champions.

Zaragoza akan tampil dengan skuad seadanya, akibat absennya Pablo Amo, Victor Laguardia, Ivan Obradovic, Abel Aguilar dan Ikechukwu Uche, sampai hari terakhir latihan pekan ini. Jermaine Pennant akan dimainkan dalam laga ini, sedangkan Angel Lafita terkena hukuman. Sevilla tidak diperkuat Luis Fabiano dan Romaric. Tapi yang membuat gundah pelatih Manolo Jimenez adalah absennya defender Sebastien Squillaci dan Ivica Dragutinovic. Keduanya korban sukses mengalahkan Valencia.

Prediksi : Sevilla kehilangan angka di Estadio La Romareda.

Santander vs. Atl Madrid
Kick Off 8 Februari 03.00 WIB

Racing Santander tak perlu menunggu lama untuk membalas kekalahan 4-0 atas Atletico Madrid di Copa del Rey. Los Racinguistas, julukan Santander, diprediksi bisa melakukannya meski rekor kandangnya sangat buruk. Santander lebih banyak menang di kandang lawan, yaitu empat, dibanding di Estadio El Sardinero, yaitu dua.

Santander masih belum bisa memainkan Edu Bedia, Bolado, Tono dan Arana, karena cedera. Maraton dilarang berlaga. Sergio Canales akan kembali menjadi pusat perhatian. Atletico tidak punya masalah cedera pemain. Pelatih Quique Sanchez Flores hanya perlu merestorasi kepercayaan diri timnya.

Prediksi : Atletico pulang dengan tiga angka di tangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: