PREDIKSI Liga Italia: Giornata 26

BeritaSepakBolaCatania vs Bari

Kick Off 28 Februari 00.00 WIB

Si Gajah, julukan Catania, menghadapi ujian serius di depan publiknya ketika menghadapi Bari pekan ini. Meski terus membaik di bawah Sinisa Mihajlovic, Catania harus berjuang menjauh dari zona degradasi, dan pekan lalu mereka membuang peluang meraih angka saat menghadapi Roma. Bari sedang memburuk, dan terancam kehilangan angka lagi di Sisilia.

Segalanya tidak akan mudah bagi Mihajlovic, karena Catania harus kehilangan Giuseppe Mescara, yang terkena hukuman. Jorge Martinez kemungkinan menggantikannya. Matias Silvestre diragukan bisa bermain, yang membuat Mihajlovic harus mempersiapkan Christian Terlizzi. Bari kemungkinan tidak akan mengubah formasinya, dengan Gazzi dan Massimo Donati berpartner di lini tengah. Paulo Barreto masih menjadi andalan di lini depan, meski membuat kesalahan saat menghadapi Milan.

Prediksi: Bari kalah lagi.

Lazio vs Fiorentina
Kick Off 28 Februari 02.45 WIB

Setiap kali segalanya tak berjalan sesuai rencana, keberuntungan yang dipersalahkan. Itulah yang dilakukan Fiorentina ketika dikalahkan Milan tengah pekan ini. Lazio sebaliknya. Mereka tak pernah menyalahkan ‘keberuntungan’ ketika dikalahkan Palermo.

Edy Reja, pelatih Lazio, memang bukan orang yang suka mengatakan ‘kami tak beruntung, atau apa pun. Ia lebih suka bekerja keras memperbaiki performa timnya, meski memang tak selalu berhasil akibat banyaknya pemain cedera. Saat ini pun, Reja akan bermain tanpa Ousmane Dabo, Pasquale Foggia, Mourad Meghni dan Christian Manfredini. Cesare Prandelli akan datang tanpa Mario Santana dan Alesandro Gamberini.

Prediksi: Lazio harus puas meraih satu angka.

Milan vs Atalanta
Kick Off 28 Februari 21.00 WIB

Tidak akan ada hasil seri ketika Milan, yang kini di posisi kedua klasemen sementara, menghadapi Atalanta — penghuni posisi kedua dari bawah. Keduanya akan berusaha saling mengalahkan, tapi dengan motivasi berbeda.

Kapten Massimo Ambrosini kemungkinan kembali berlaga, setelah sempat mendapat cedera di kandang Fiorentina. Mathieu Flamini menjalani hukuman satu pertandingan, dan David Beckham kembali ke starting line up. Di lini depan, pelatih Leonardo masih akan mengandalkan trio Pato, Borriello, dan Ronaldinho. Atalanta tak punya masalah dengan cedera pemain.

Prediksi: Milan menang lagi dengan satu atau dua gol.

Chievo vs Cagliari
Kick Off 28 Februari 21.00 WIB

Pekan lalu, Chievo menemukan lagi kemampuannya memenangkan laga. Pekan ini, mereka akan coba melanjutkannya saat menghadapi Cagliari.

Namun Chievo kehilangan Luca Rigoni, yang diganjar kartu merah dalam laga melawan Atalanta. Santiago Morero juga terkena hukuman. Elvis Abbruscato kemungkinan absen akibat cedera. Daniele Mandelli harus menjadi starter di lini belakang. Sedangkan Marcos De Paula bersaing dengan Pablo Granoche untuk mengisi lini depan. Di kubu Cagliari, Massimo Allegri sedang merotasi pemainnya, tapi tidak bisa memainkan Diego Lopez dan Lino Marzoraggi dalam laga ini. Nene dan Capucho Jeda diharapkan berparter dengan Alessandro Matri di lini depan. Di lini tengah, Allegri kemungkinan memberi tempat kepada Simone Barone. Davide Biondini duduk di bangku cadangan.

Prediksi: Chievo meraih satu angka.

Genoa vs Bologna
Kick Off 28 Februari 21.00 WIB

Genoa masih berharap mengakhiri musim di Liga Europa, meski mengemas hasil buruk sejak Januari 2010. Bologna hanya sekadar ingin mapan di papan tengah. Tuan rumah boleh berharap meraih angka dari laga ini, karena rekor kandangnya cukup mengesankan; hanya kalah sekali dari 13 laga. Tapi Bologna bukan lagi tim mudah dikalahkan. Sejak Januari 2010, hanya Juventus yang bisa mengalahkannya.

Gian Piero Gasperini, pelatih Genoa, akan memainkan lagi Housseine Kharja, setelah sekian lama absen. Namun dua rekannya; Raffaele Palladino dan Ivan Juric, cedera. Bologna tanpa kapten dan striker Marco Di Vaio, Massimo Mutarelli, Andrea Pisanu, Stephen Appiah, Francesco Modesto dan Andrea Raggi, yang terkena hukuman.

Prediksi: Genoa meraih tiga angka.

Livorno vs Siena
Kick Off 28 Februari 21.00 WIB

Ini juga big match, tapi untuk para pecundang. Livorno kini di posisi 18, Siena di dasar klasemen. Livorno ingin keluar dari zona degradasi, Siena sekadar ingin mengangkat diri.

Keduanya juga punya persoalan mendasar. Pelatih Serse Cosmi menghadapi masalah disiplin, yang menyebabkan Livorno harus tampil tanpa Nico Pulzetti dan Antonio Filippini, yang terkena hukuman satu pertandingan. Nelson Rivas, pinjaman dari Inter, diganjar tidak boleh bermain dua laga. Alberto Malesani, pelatih Siena, menghadapi masalah cedera dan problem jangka pendek. Siena harus bermain tanpa Marco Malago, Luca Rossettini dan Goncalo Brandao — ketiganya cedera dan belum sembuh — di lini belakang. Francesco Parravicini, mantan gelandang Parma, juga dipastikan absen.

Prediksi: Hasil moderat bagi kedua tim adalah 0-0 atau 1-1.

Napoli vs Roma
Kick Off 28 Februari 21.00 WIB

Inilah big test bagi AS Roma, setelah tersingkir dari Piala Europa. Napoli dipastikan memperoleh pelajaran berharga dari cara Panathinaikos mengalahkan Giallorossi. Claudio Ranieri pasti punya cara mengatasi ‘penyakit’ kehilangan konsentrasi yang dua kali berturutan dialami timnya.

Roma tidak bisa lagi memperlakukan Napoli seperti musim lalu, saat mereka pulang dari San Paolo dengan kemenangan tiga gol tanpa balas. Di bawah Walter Mazzari, Napoli menjadi berbeda. Mazzarri relatif tidak punya masalah dengan cedera pemain, tapi timnya kehilangan kemampuan memenangkan laga di empat pertandingan terakhir. Sedangkan Claudio Ranieri dibuat pusing dengan masih absennya Francesco Totti dan Luca Toni. Penjaga gawang Julio Sergio juga masih menjalani perawatan.

Prediksi: Roma tertahan di San Paolo.

Parma vs Sampdoria
Kick Off 28 Februari 21.00 WIB

Parma harus mengambil kesempatan ini; mengalahkan Sampdoria — yang akan tampil tanpa striker — untuk mengakhiri krisis. Tuan rumah juga harus bermain dengan motivasi bahwa sebelum musim 2006/2007 Il Samp tidak pernah menang di Enio Tardini.

Sampdoria kehilangan Giampaolo Pazzini dan Nicola Pozzi, yang terkena larangan berlaga. Antonio Cassano masih belum sembuh dari cedera. Akibatnya Luigi Del Neri hanya punya si belia Stefan Scepovic, yang belum pernah membuat debutnya secara penuh. Del Neri kemungkinan akan mendorong Stefano Guberti lebih ke depan, sebagai pendukung Scepovic. Parma kemungkinan menduetkan Jonathan Biabiany dan Hernan Crespo di depan, meski Valeri Bojinov siap menjadi starter. Alberto Paloschi dan Blerim Dzemali absen. Jimenez absen, yang membuat Parma harus mengubah skema permainan menjadi 3-5-2.

Prediksi: Saatnya Parma meraih tiga angka.

Udinese vs. Inter
Kick Off 28 Februari 21.00 WIB

Inter Milan membuktikan semua hukuman yang dijatuhkan tidak membuatnya terganggu, ketika mengalahkan Chelsea di Liga Champions. Namun tanpa Jose Mourinho di pinggir lapangan saat Nerazzurri menyambangi kandang Udinese, segalanya mungkin berbeda.

Pers Italia memperkirkan Inter mulai cemas, menyusul kebangkitan Milan dan Roma — dua rival mereka yang dari pekan ke pekan mampu memperpendek jarak. Di sisi lain, Inter punya rekor buruk di Friuli. Mourinho tanpa Esteban Cambiasso dan Sulley Ali Muntari, yang terkena larangan berlaga. Begitu pula dengan Ivan Cordoba dan Walter Samuel.

Di kubu Udinese, pelatih Pasquale Marino tanpa Gaetano D’Agostino, Christian Obodo, dan Dusan Basta. Mauricio Isla memperoleh kembali tempatnya di right-back. Di lini depan, Marino akan menurunkan Antonio Di Natale, Alexis Sanchez, dan Antonio Floro Flores.

Prediksi: Inter Milan raih 3 poin.

Juventus vs. Palermo
Kick Off 1 Maret 02.45 WIB

Juventus dan Palermo hanya terpisah satu angka. Juve di posisi empat, Palermo di tempat keenam. Bianconeri merasa berhak tampil di Liga Champions musim depan. Palermo adalah pemimpi sejati. Rekor tandang Palermo cukup buruk, dengan tujuh kekalahan dari 12 laga. Rekor kandang Juve tak terlalu baik, dengan enam kemenangan dari 13 laga.

Juve akan mencoba meraih hasi positif sejak ditangani Alberto Zaccheroni, meski mereka tampil tanpa Vincenzo Iaquinta, Sebastian Giovinco, Martin Caceres dan Christian Poulsen, yang masih cedera. Claudio Marchisio terkena hukuman. Amauri kemungkinan tak bisa berlaga. Palermo hanya akan kehilangan Levan Mchedlidze.

Prediksi: Juve meraih tiga angka lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: