Profil Tim Grup G: Korea Utara

Pelatih: Kim Jong-hun.

Konfederasi: AFC

Ranking FIFA (Des 09): 91

Rekor Penampilan: 1 (1966)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Korea Utara melakukan perjalanan yang panjang sebelum akhirnya menyegel satu tiket ke Afrika Selatan. Menang atas Mongolia di kualifikasi babak kedua dengan sistem home and away, Korea Utara bergabung dengan saudara tua mereka, Korea Selatan, Jordania, Turkmenistan, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab. Dalam pertarungan panjang, Korea Utara akhirnya bisa menempati tempat kedua di babak grup.

KEUNGGULAN

Sukses Korea Utara menembus Afrika Selatan tak lepas dari solidnya pertahanan mereka. Menggunakan formasi dengan lima pemain belakang menyulitkan tim lain untuk menembus ke jantung pertahanan. Imbas dari formasi ini, Korea Selatan menggunakan strategicounter attack dalam menyerang dan hasilnya cukup produktif


YANG HARUS DIBENAHI

Pemain minim pengalaman internasional. Hal ini menjadi kendala tersendiri. Selain itu materi skuad timnas Korea Utara juga banyak diisi oleh pemain lokal.

PELATIH

Kim Jong-hun memang tak banyak mendapat pengalaman internasional, namun dia dikenal dingin dan tanpa kompromi saat menangani tim. Jong-Hun juga terkenal sebagai pelatih emosional dan dia mengantungi kartu merah lebih banyak daripada pemainnya. Meski demikian, para pemain menaruh hormat penuh padanya.

PEMAIN BINTANG

Jong Tae-se (Kawasaki Frontale)

Oleh media Korea Utara, dia disebut sebagai Wayne Rooney-nya Korea, akan tetapi Tae-Se menilai dirinya sendiri lebih mirip Didier Drogba. Dia dikenal cepat dan tangguh dalam duel udara.

Hong Yong Jo (FC Rostov)

Dia mengendalikan peran penting dalam serangan Korea Utara. Singkatnya, Yong Jo adalah otak dari serangan timnya.

An Yong Hak (Suwon Bluewings)

Memiliki peran penting sebagai holding midfielder. Dia dikenal pintar membaca alur pertandingan dan memiliki kualitas yang cukup baik dalam memberikan umpan.

PERKIRAAN FORMASI TIM

MOMEN TERBAIK


Tahun 1966 menjadi momen terbaik Korea Utara, di mana mereka bisa menembus perempat-final Piala Dunia, sekaligus memaksa Italia mendapat lemparan tomat busuk di kampung halamannya.

DI LUAR LAPANGAN


Terkenal dengan: Satu-satunya negara yang memiliki presiden seumur hidup (Kim Il-Sung)

Yang unik lainnya: Tim ini memiliki jumlah pengawal pribadi yang terbilang banyak dibanding tim lain.

TARGET DI PIALA DUNIA


Bisa menyamai prestasi tahun 1966 merupakan hal yang sangat bagus. Tapi, bisa menembus babak kedua sudah menjadi hal yang luar biasa bagi Korea Utara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: