Profil Tim Grup G: Pantai Ganding

Pelatih: Vahid Halihodzic.

Konfederasi: CAF

Ranking FIFA (Des 09): 16

Rekor penampilan: 1 (2006)



ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010


Berada satu grup dengan Guinea, Burkina Faso dan Malawi, Pantai Gading tampil superior. Mereka melangkah mudah ke Afrika Selatan dengan hasil duel yang meyakinkan.
Setelah mempermalukan Malawi 5-0, Pantai Gading terus tampil ganas sebelum akhirnya mengirim tim kedua mereka untuk melakoni dua partai terakhir melawan Malawi dan Guinea.

KEUNGGULAN

Amunisi Pantai Gading sampai saat ini tidak menunjukkan tanda-tanda akan habis. Pemain baru berkualitas selalu muncul dengan bakat-bakat spesial.
Kekuatan lini depan Pantai Gading juga menjadi kekuatan tersendiri. Didier Drogba dan sejumlah striker lain yang merumput di kompetisi Eropa menjadikan Pantai Gading sebagai tim Afrika dengan barisan penyerang yang berbahaya.

YANG HARUS DIBENAHI

Ego pemain yang terlalu tinggi kerap menjadi bumerang bagi tim ini. Tak jarang terlihat jika terjadi perselisihan dan persaingan yang tidak sehat antarpemain di camp latihan.

PELATIH

Vahid Halilhodzic adalah pelatih Pantai Gading asal Bosnia yang menghabiskan sebagian karir melatihnya di Prancis. Pelatih ini terkenal disiplin dan selalu jujur saat berhadapan dengan media dan pemain.
Saat ini dia memiliki misi penting, yaitu mengantar Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika sebelum mendapat restu memimpin tim ke Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

PEMAIN BINTANG

Didier Drogba (Chelsea)

Drogba adalah fenomena baru di Pantai Gading. Tak hanya memiliki kontribusi untuk timnas, tapi juga hampir di semua bidang kehidupan di negaranya. Drogba dinilai sebagai sebuah simbol, panutan dan duta perdamaian untuk negara yang sempat terancam perang saudara di tahun 2004 ini. Kemampuannya di lapangan hijau sama baiknya dengan kapabilitasnya menjadi duta perdamaian.


Kolo Toure (Manchester City)

Menjadi pemimpin di atas lapangan. Kolo Toure juga diklaim sebagai salah satu orang yang dituakan di timnas Pantai Gading. Performanya sebagai pemain belakang juga sangat bisa diandalkan.


Gervinho (Lille)

Pemain ini mendapat julukan sebagai Lionel Messi-nya Afrika. Bukan tanpa alasan jika julukan itu disematkan padanya, mengingat penampilan pemain belia Lille itu memang cukup kontributif. Menempati posisi gelandang kreatif, Gervinho mengemban tugas penting untuk bisa mengatur serangan, tempo dan jalannya permainan. Sejauh ini, dia bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

PERKIRAAN FORMASI TIM


MOMEN TERBAIK
Momen terbaik Pantai Gading terjadi di Piala Afrika 1992 di Senegal, di mana mereka berhasil menjadi juara setelah menundukkan skuad Ghana yang bermaterikan Abedi Pele dan Alain Gouamene. Akan tetapi, sejak saat itu, mereka tak pernah lagi menjadi juara sampai generasi sekarang ini.
DI LUAR LAPANGAN

Terkenal akan: Salah satu penghasil kopi terbesar di Afrika, juga pisang dan buah lain. Pantai Gading juga merupakan produsen coklat terbaik di afrika. Abidjan menjadi pelabuhan terbesar di Afrika Barat.

Yang mungkin terjadi: Membedakan fans Pantai Gading dan Belanda akan sedikit rumit karena kedua tim memiliki warna kebanggaan yang sama, yakni jingga.

TARGET DI PIALA DUNIA
Menembus perempat-final menjadi target yang diusung Pantai Gading di turnamen tahun depan. Namun, dengan komposisi tim yang ada saat ini, Pantai Gading diharapkan bisa melenggang lebih jauh lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: