PREDIKSI Liga Inggris: Matchday 30

BeritaSepakBola
Tottenham vs. Blackburn

Kick Off 13 Maret 19.45 WIB

Sejenak, lupakan persaingan meraih gelar Liga Primer yang melibatkan Chelsea, MU, dan Arsenal. Kompetisi di zona terakhir Liga Champions justru lebih menarik. Pekan ini Tottenham Hotspurs akan berupaya memapankan diri di tempat keempat, sebelum Manchester City dan Liverpool berlaga.

Sepanjang sejarah sepakbola Inggris, kedua tim telah 105 kali bertemu. Spurs unggul dengan 45 kemenangan. Blackburn menang 39. Satu hal lagi, pertemuan keduanya akan selalu berlangsung keras. Terlebih, Blackburn di bawah Sam Allardyce mengedepankan pendekatan fisik.

Spurs masih belum bisa memainkan Jermaine Jenas, Tom Huddlestone, David Bentley, dan Aaron Lennon. David Dunn kembali ke tim inti, setelah cukup sukses tampil di laga pemain cadangan melawan Hull. Brett Emerton, Franco Di Santo, Junior Hoilett dan Yildiray Basturk juga akan menjadi starter.

Prediksi: Spurs menang 2-0

Birmingham vs. Everton
Kick Off 13 Maret 22.00 WIB

Sesuai kesepakatan, ini akan menjadi laga perpisahan bagi Landon Donovan. Sehari setelah pertandingan ini masa peminjaman winger asal AS itu habis dan harus kembali ke klub induk, LA Galaxy. Namun segalanya bisa berubah, karena Moyes masih mengusahakan perpanjangan. Bagi Birmingham, ini akan menjadi laga penentuan apakah mereka layak lolos ke Eropa kali pertama sejak 1962.

Tuan rumah akan kembali diperkuat veteran Lee Bowyer. Kevin Phillips juga telah fit. Sebastian Larsson, James McFadden, dan Stephen Carr, kembali masuk skuad setelah diistirahatkan dalam laga melawan Portsmouth. Di kubu Everton, Donovan akan berupaya meninggalkan kenangan terindah bagi fans The Toffees, tentu saja dengan gol. Namun Moyes dibuat pusing dengan absennya Leon Osman, Tim Cahill, dan Louis Saha.

Prediksi: Everton menang tipis 2-1

Bolton vs. Wigan
Kick Off 13 Maret 22.00 WIB

Kedua tim ditangani pelatih dengan filosofi sama; memainkan sepakbola atraktif. Tapi filosofi itulah yang membuat keduanya berkutat di papan bawah. Kini keduanye bertemu kali ke-34, untuk saling mendorong ke tepi zona degradasi.

Bolton kehilangan full-back Sam Ricketts, tapi Tamir Cohen telah bisa kembali setelah menjalani hukuman satu pertandingan. Fabrice Muamba dan Jack Wilshere istirahat akibat cedea. Wigan akan bermain tanpa kapten Mario Melchiot, tapi pelatih Roberto Martinez masih bisa menurunkan skuad terkuatnya.

Prediksi: Hasil moderat bagi kedua tim adalah tanpa gol atau 1-1.

Burnley vs. Wolves
Kick Off 13 Maret 22.00 WIB

Jika melihat statistik pertemuan kedua tim, fans Burnley mungkin akan inferior. Burnley tidak pernah menang dalam delapan pertemuan kandang dengan Wolves sejak November 1963. Rincinya, Burnley lima kali susah payah menahan sang serigala dan lainnya kalah. Tapi abaikan statistik itu, karena apa pun bisa terjadi dalam big match di papan bawah ini.

Burnley berharap leading scorer Steven Fletcher kembali, setelah dua pekan menjalani perawatan patah tangan. Chris McCann tidak akan dimainkan tergesa-gesa, sedangkan Steven Caldwell absen akibat ceder paha. Di kubu Wolves, pelatih Mick MacCarthy tidak akan melakukan perubahan apa pun. Kalau pun ada, striker Stefan Maierhofer masuk skuad, tapi duduk di bangku cadangan.

Prediksi: Wolves menang 1-0

Chelsea vs. West Ham
Kick Off 13 Maret 22.00 WIB

Di tahun 1996, Carlo Ancelotti — saat itu manajer AC Parma — membuat keputusan unik; mengeluarkan bakat unik Gianfranco Zola dari sistem yang akan dimainkan. Alasannya, kemampuan Zola tak cocok. Parma menjual Zola ke Chelsea. Di London, Zola menjadi legenda.

Kini, keduanya bertemu untuk saling beradu strategi. Zola datang dengan motivasi menghancurkan mimpi Ancelotti meraih gelar Liga Primer dalam debutnya di Inggris. Ancelotti akan menghadapinya dengan perasaan tertekan harus memenangkan laga agar bisa kembali memimpin klasemen, meski mungkin hanya 24 jam.

Lebih memusingkan lagi, Ancelotti mengalami krisis penjaga gawang setelah Hilario Sanchez harus istirahat akibat cedera otot punggung. Ross Turnbull akan menggantikannya, karena hanya dia yang ada di gudang persediaan. Juliani Belletti dan Michael Ballack kembali dari masa hukuman satu pretandingan. Yuri Zhirkov sembuh dari cedera otot betis.

West Ham kembali diperkuat striker Benni McCartthy dan Danny Gabbidon. Full-back Julien Faubert dan Herita Ilunga tidak terlalu fit untuk melintasi London.

Prediksi: Chelsea menang 2-1

Stoke City vs. Aston Villa
Kick Off 13 Maret 22.00 WIB

Pelatih Tony Pulis masih dihantui satu hal; second season complex. Padahal, Stoke relatif aman di papan tengah. Pulis punya alasan sendiri, setelah dua kali pulang dari London dengan kekalahan. Di kubu Aston Villa, Martin O’Neill mungkin telah melupakan mimpinya menjadi salah satu tim yang berlaga di Liga Champions musim depan. Targetnya hanya menggeser Liveprool dari zona Liga Europa.

Ricardo Fuller akan kembali berlaga, setelah pekan lalu absen. Namun Pulis dibuat pusing oleh absennya Glenn Whelan, Danny Higginbotham, dan James Beattie. Di kubu Villa, leading scorer Gabby Agbonlahor sembuh dari serangan virus, tapi O’Neill lebih suka memberi tempat kepada John Carew, yang mencetak hat-trick ke gawang Reading di Piala FA.

Prediksi : Aston Villa menang 2-1

Hull City vs. Arsenal
Kick Off 14 Maret 00.30 WIB

Sebelum laga menghadapi Porto, seorang fans Arsenal mengatakan; saya berjanji akan makan topi saya jika Nicklas Bendtner mencetak gol. Setelah laga, fans itu mengatakan lagi; “Rasa topi saya pahit.” Kini tidak ada lagi fans The Gunners yang berani mencerca Bendtner. Jika dia menempatkan Arsenal di perempat final Liga Champions, dan akan bisa bisa membawa pulang tiga angka dari KC Stadium. Bagi pers Inggris, pengamatan tidak hanya pada Bendtner tapi pada kedua pelatih. Apakah keduanya akan berjabat tangan.

Andy Dawson, left-back Hull, akan kembali berlaga setelah sembuh dari serangan asma. Craig Fagan kembali dari masa hukuman. Stephen Hunt akan bermain dengan obat penahan rasa sakit. Arsenal tanpa Cesc Fabregas, winger Tomas Rosicky masih menjalani tes kebugaran. Bacary Sagna absen akibat cedera engkel. Alex Song dilarang bertanding.

Prediksi: Arsenal menang dengan skor 3-1

Man United vs. Fulham
Kick Off 14 Maret 20.30 WIB

Fulham datang ke Old Trafford dengan satu tekad; mengalahkan Manchester United di kandang dan tandang dalam satu musim. Desember lalu di Craven Cottage, Fulham mengalahkan MU tiga gol tanpa balas. Tuan rumah akan menggunakan sukses di Liga Champions, untuk membalas kekalahan pertemuan pertama.

Clint Dempsey kembali menjadi starter, setelah tampil di Liga Europa saat Fulham dikalahkan Juventus. Stefano Okaka akan menjadi ancaman baru MU, tapi Danny Murphy — inspirator kemenangan Fulham atas MU, Desember lalu — absen akibat cedera. Di kubu MU, Paul Scholes akan istirahat setelah bermain dua kali dalam lima hari. Sir Alex Ferguson tidak mungkin menggunakan tubuh pemain berusia dia tas 30 tahun secara reguler. Sebagai gantinya, Michael Carrick kembali ke skuad, setelah menjalani hukuman satu pertandingan.

Prediksi : MU sukses balas dendam dan menang 4-0

Sunderland vs. Man City
Kick Off 14 Maret 23.00 WIB

Pada pertemuan pertama musim ini di City of Manchester Stadium, Manchester City menang 4-3, tapi keesokan hari Mark Hughes dipecat. Kini, Roberto Mancini datang ke Stadium of Light dengan misi memelihara peluangnya mengakhiri musim di zona Liga Champions.

Black Cats akan meladeninya dengan semangat balas dendam, sekaligus membuat Mancini kesulitan mewujudkan ambisinya. Namun Sunderland tanpa kapten Lorik Cana, yang menjalani hukuman dua laga akibat sepuluh kartu kuning sepanjang musim ini David Meyler kembali ke tim ini. Lee Cattermole, Kieran Richardson, dan Jordan Henderson, diragukan.

City mendapat tambahan tenaga dengan kembalinya Patrick Vieira, setelah dilarang main di tiga laga. Emmanuel Adebayor masih menjalani hukuman. Kolo Toure dipanggil kembali setelah staf medis mengatakan mantan pemain Arsenal itu pulih. Martin Petrov duduk di kursi penonton.

Prediksi: Kedua tim harus bermain 1-1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: