Agen Tetap Akan Menjadi Andalan Penjualan Produk Asuransi

Industri asuransi jiwa saat ini telah membuka banyak kanal distribusi pemasaran termasuk melalui “bancassurance”, meskipun begitu, agen tetap menjadi andalan dalam menghimpun dana pihak ketiga.

“Agen tetap jadi andalan untuk menghimpun premi. Lihat saja tahun 2003, dari 76.093 agen yang berasal dari 50 perusahaan asuransi jiwa (17 patungan dan 33 lokal) berhasil menjaring premi Rp13,765 miliar,” kata Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Evelina F Pietrusckha, di Jakarta, Jumat (13/5).

Untuk itu, kata Evelina, kualitas para agen sebagai ujung tombak pemasaran produk asuransi harus terus ditingkatkan, termasuk membekali mereka dengan lisensi keagenan.

“Hal ini penting untuk memberi citra yang baik bagi para agen.” Selain meningkatkan kualitas, katanya, para agen juga perlu mendapat apresiasi atas kerja keras mereka dengan menganugerahinya semacam award.

“Pemberian penghargaan ini untuk memacu para agen menghimpun dana pihak ketiga lebih banyak sekaligus menunjukkan kepada masyarakat bahwa agen mampu berpenghasilan miliaran setiap tahun. Kalau agennya potensial, bisa memiliki penghasilan lebih besar dari direksi perusahaan tempat ia bekerja,” papar Evelina.

Atas dasar itu, AAJI kembali akan menggelar Top Agent Award ke-19 yang akan berlangsungkan 9-10 Mei 2005 di Bali sebagai ajang penghargaan tingkat nasional bergengsi di industri asuransi jiwa.

Ketua Panitia Pelaksana TAA Jimmy Walia mengatakan, TAA kali ini merupakan The New Horizon of Selling. “Thema itu diangkat karena saat ini cara menjual asuransi mengalami perubahan. Untuk dapat menjual produk, seorang agen asuransi harus memiliki lisensi keagenan.”

Ini, katanya, merupakan paradigma baru di industri asuransi jiwa nasional. Dengan adanya lisensi maka agen asuransi diharapkan lebih profesional dalam menjual maupun memberi pelayanan kepada nasabah sehingga pemilihan tema tersebut menjadi tepat.

Ketua AAJI Evelina F Pietrusckha mendukung penuh diadakannya TAA 2005 karena ajang seperti ini dapat dijadikan sarana komunikasi dan meningkatkan standarisasi kualitas agen sekaligus sebagai sarana apresiasi keberhasilan agen asuransi nasional.

“Sebagai ujung tombak perusahaan, agen asuransi juga ikut andil membantu pemerintah dalam menyejahterakan kehidupan sosial masyarakat melalui perencanaan keuangan keluarga,” kata Evelina.

Menurut Jimmy, TAA kali ini menyiapkan 7 kategori meliputi Agent of The Year, Best Quality Producer, Best Senior Productive Producer, Top Income, Top Premium dan Top Policy. “Khusus asuransi kumpulan disiapkan satu kategori Top Premium,” kata Jimmy.

Selain pemberian anugerah, TAA juga dimanfaatkan sebagai ajang untuk memotivasi para agen asuransi jiwa melalui seminar pengembangan diri yang menghadirkan motivator James Gwee.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: