Allianz Life Indonesia Tawarkan Asuransi Untuk Ekonomi Lemah

Pasar asuransi mikro (microinsurance) di Indonesia cukup besar yang sampai saat ini masih belum dimasuki asuransi baik lokal maupun asing, karena dari 238 juta penduduk hanya sekitar 5 juta yang memiliki asuransi itu.

“Besarnya pasar asuransi di dalam negeri itu, membuat PT Asuransi Life Indonesia meluncurkan produk baru asuransi mikro (microinsurance) untuk golongan ekonomi lemah,” kata Dirut Allianz Life Indonesia, Jens Reisch, kepada pers di Jakarta, Kamis (24/08).

Menurut dia, peluncuran produk asuransi mikor yang pertama itu bertujuan untuk menjembatani kekosongan antara permintaan dan persediaan atas asuransi mikro di Indonesia.

Kami optimis bisa meraih nasabah pasar sampai ahun ini sebanyak 50.000 orang, melihat waktu yang tersisa hanya tinggal empat bulan, apalagi belum banyak asuransi yang masuk ke segmen tersebut” katanya.

Peluncuran produki itu sebelumnya didasarkan atas studi pasar UNDP-GTZ-Allianz bahwa permintaan pasar untuk golongan rendah sangat tinggi, namun sarana asuransi golongan ekonomi rendah sangat kurang.

Apalagi dari jumlah penduduk Indonesia yang masuk dalam program asuransi kumpulan hanya tercatat sekitar 20 juta orang saja, tuturnya.

Ia mengatakan, produk asuransi mikro yang ditawarkan dalam uji coba pada tahun ini disebut “Payung Keluarga” dan menawarkan asuransi jiwa dengan premi Rp6.000 per tahun.

“Payung keluarga menawarkan asuansi jiwa kredit dengan beberapa manfaat tambahan yakni bila nasabah yang mengambil pinjaman meninggak, maka sisa saldo pinjaman akan ditanggung oleh asuransi dan keluarga yang ditinggalkan tidak perlu khawatir melanjutkan pembayaran yang tersisa,” katanya.

Produk itu akan dikelola oleh mitra kerja seperti BPR, Koperasi Simpan Pinjam dan institusi non pemerintah. Pinjaman yang disalurkan institusi-institusi ini berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp10 juta, ujarnya.

Jen Reisch lebih lanjut mengatakan, ada tiga tujuna dari proyek ini, menjajagi segmen baru untuk memperbesar basis nasabah, untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat luas memperoleh akses yang mudah terhadap perlindungan asuransi dan tanggung jawab sosial serta peluang bisnis di masa depan.

Allianz saat ini sedang memproses polis kumpulan nasabah kredit yang berjumlah 18.500 yang dikeluarkan Koperasi Simpan Pinjam, karena Allianz optimis akan bisa meraih nasabah sebesar 50.000 orang pada tahun ini, yang terdiri asuransi jiwa 30.000 orang dan asuransi kesehatan 20.000 orang.

Produk ini sebelumnya sudah ditawarkan oleh Allianz di India yang telah memiliki nasabah sebanyak 80.000 orang, jelasnya.

Ditanya mengenai nasabahnya, menurut dia, Allianz telah memiliki nasabah sebanyak 15 juta orang yang dapat diraih setiap tahun antara 100.000 orang hingga 300.000 orang per tahun.

“Kami optimis jumlah nasabah tersebut akan makin meningkat dengan diluncurkannya produk mircoinsurance yang pasar sangat menjanjikan,”katanya.

One Response

  1. PT Asuransi Life Indonesia meluncurkan produk baru asuransi mikro (microinsurance)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: