Bumiputera Hadapi Asuransi Asing

Asuransi Jiwa Bumiputera (AJB) 1912 tak akan pernah gentar menghadapi persaingan dari perusahaan asing, khususnya perusahaan patungan, meskipun ada beberapa perusahaan patungan saat ini sudah mulai menyamakan perolehan jumlah preminya.

Hal itu disampaikan oleh Dirut Asuransi Jiwa Bumiputera Madjdi Ali, usai melakukan pertemuan dengan para agen berprestasi dari Bumiputera di Nusa Dua, Bali, Minggu (12/6).

Dikatakan, apapun prilaku perusahaan pesaing itu, kita tetap punya senjata ampuh yang tak pernah akan tergoyahkan, yakni dapat mengalang kebersamaan diantara agen, manajemen dan nasabah.

“Kebersamaan itu merupakan senjata ampuh bagi Bumiputera sehingga masih dapat bertahan lebih dari 90 tahun.”

Diantara perusahaan pesaing Bumiputera yang sudah mulai menyamakan jumlah preminya antara lain, AIG Lippo dan Manulife.

Meskipun saat ini sudah ada yang sama, Bumiputera tetap menjadi “market leader”, tegas Madjdi Ali, yang disambut tepuk tangan meriah dari para agen.

Menurutnya, dari 56 perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi di Indonesia, Bumiputera mampu meraih pangsa pasar 20%, dengan perolehan premi mencapai lebih dari Rp3,10 triliun.

“Kita dapat saja mentargetkan pertumbuhan premi sampai 20%, namun karena kita akan memperbaiki kinerja keuangan dan portofolio yang lebih kokoh, maka target pertumbuhan premi tahun 2005 cukup 10% saja, meskipun realisasinya jauh di atas yang ditargetkan.

“Tugas kita ke depan adalah, siap membayar janji kita kepada para nasabah yang mempunyai polis habis kontrak dan melakukan efisiensi serta memperbaiki kualitas keuangan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Janji itu sudah kita buktikan, dimana setiap tahun Bumiputera sanggup membayar klaim asuransi sekitar Rp2 triliun, atau Rp169 miliar per bulan. Jika dalam satu bulan itu hanya 20 hari kerja, Bumiputera sudah melakukan komitmenya membayar klaim sebesar Rp8 milar per hari atau Rp1 miliar per jamnya.,” katanya.

Mengejar pertumbuhan premi jauh lebih mudah dibanding memenuhi kewajiban yang pernah dijanjikan itu, kata Madjidi Ali dengan ekspresi wajah yang berapi-api.

Pada kesempatan itu, ia juga memuji para agen yang berprestasi yang telah sukses menyabet beberapa lomba agen yang dilaksanakan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Lomba agen yang dihadiri lebih dari 1.000 agen di Nusa Dua Bali itu, Bumiputera dapat menyabet tiga kategori dari enam kategori yang diperlombakan.

Kategori yang peling bergengsi, yakni Top Agent Award of The Years untuk tahun 2004 diraih oleh Andjari Yunus (54) dari Asuransi Bumiputera 1912.

“Siapaun komisaris dan direksi akan merasa bangga menyaksikan personal dari perusahaannya dapat meraih bintang agen berprestasi itu. Apalagi Bumiputera selama empat tahun berturut-turut dapat mempertahankan juara mahkota Top Agent of The Years itu,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: