Singapura Berlakukan Asuransi Kesehatan Untuk Pekerja Asing

Pemberi kerja di Singapura harus membeli asuransi kesehatan untuk pekerja asing dan pembantu mereka atau terkena ancaman hukuman penjara dan denda berdasarkan peraturan baru yang dikeluarkan Jumat.

Mulai Januari, para majikan diharuskan untuk menyediakan jaminan sedikitnya 5.000 dolar Singapura (3.289 dolar AS) per tahun jika pekerja atau pembantu diopname atau memerlukan operasi segera.

Persyaratan Kementerian Kesehatan mengenakan kepada seluruh pekerja asing dan pembantu baru yang memasuki negara kota itu, sebagai tambahan terhadap mereka yang sudah berada di Singapura.

Saat ini terdapat 645.000 orang asing yang memperoleh izin kerja, kebanyakan dari negara-negara Asia Tenggara dan India.

Statistik menunjukkan bahwa pekerja asing diopname kebanyakan karena demam berdarah, sakit usus buntu dan flu perut.

Pemberi kerja yang tidak membeli polis dapat dikenakan sanksi penjara lebih dari enam bulan dan denda 5.000 dolar Singapura (3.289 dolar AS), kata pernyataan kementerian itu.

Asuransi itu diperlukan karena biaya kesehatan akan meningkat bagi orang asing. Subsidi di rumah sakit pemerintah dan poliklinik akan ditarik untuk seluruh pekerja asing mulai Januari.

“Ini merupakan sesuatu yang baik dan sudah sangat terlambat,” kata The Straits Times mengutip Jolovan Wham, direktur eksekutif grup kesejahteraan untuk pekerja asing yang mengomentari peraturan baru itu.

Setiap bulan, seorang pekerja asing yang majikannya menolak untuk membayar biaya kesehatan menandatangani grup itu untuk minta tolong, katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: